Sukses

Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Senilai Rp30 Miliar untuk Gaza dan Sudan

Jokowi prihatin atas peristiwa kemanusiaan di Gaza dan konflik internal di Sudan yang menimbulkan banyak korban.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan untuk dikirimkan ke Gaza dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (3/4/2024). Bantuan yang diberikan kurang lebih senilai Rp30 miliar, di antaranya berupa obat dan alat kesehatan.

"Bantuan yang dikirimkan hari ini senilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat obatan dan peralatan kesehatan, dan juga bantuan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan sesuai dengan permintaan dari pemerintah Mesir dan Sudan," kata Jokowi.

Jokowi menerangkan, bantuan ini akan diantar langsung ke Mesir dan sudah didelegasikan kepada Kepala BNPB, seluruh unsur kementerian, lembaga maupun mitra pemerintah.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan," ucap dia.

Jokowi menyatakan, pemerintah indonesia selalu berkomitmen kenjaga perdamaian dunia. Serta terlibat aktif dalam visi misi kemanusiaan, baik akibat perang maupun karena bencana.

Kepala negara juga turut prihatin atas peristiwa kemanusiaan di Gaza dan konflik internal di Sudan yang menimbulkan banyak korban.

"Karena itu untuk kesekian kalinya kita kembali untuk melakukan misi kemanusiaan, mengirim bantuan ke Mesir dan Sudan untuk membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan," ucapnya.

"Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dengan mengucap bismillah bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Mesir dan Sudan hari ini saya nyatakan dilepas," tandas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Indonesia Segera Salurkan Bantuan ke Gaza Lewat Udara

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza melalui jalur udara, dengan pesawat Hercules. Pasalnya, kata dia, saat ini penyaluran bantuan ke Gaza melalui jalur darat sudaah sulit.

"Kita tadi melihat peragaan ngedrop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit," kata Jokowi Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dikutip dari siaran pers, Jumat (8/3/2024).

Jokowi telah meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan tersebut di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan. Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita," jelasnya.

Jokowi pun optimistis bantuan Indonesia yang dibawa dengan pesawat dapat tersalurkan ke masyarakat Gaza. Hal ini berdasarkan hasil simulasi pengiriman bantuan yang dilakukan TNI AU.

"Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik," ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.