Sukses

KSAD Jelaskan Alasan Mayor Teddy Masih Kawal Prabowo Meski Sudah Promosi Jabatan Jadi Wadanyonif 328/Dirgahayu

Maruli mengatakan saat ini Prabowo masih disibukkan dengan tugas-tugas sebagai Menteri Pertahanan. Sehingga, Mayor Teddy juga masih diperlukan untuk mengamankan Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak menjelaskan alasan Mayor Teddy Indra Wijaya masih terlihat mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Padahal, Teddy telah mendapatkan promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri (Wadanyonif) Para Raider 328/Dirgahayu.

Maruli mengatakan saat ini Prabowo masih disibukkan dengan tugas-tugas sebagai Menteri Pertahanan. Sehingga, Teddy juga masih diperlukan untuk mengamankan Prabowo.

"Dia lagi proses ini lah. Mungkin Menhan kan sudah dalam posisi yang sedang dalam proses yang sibuk. Mungkin masih disibukkan di situ," kata Maruli kepada wartawan, Rabu (27/3/2024).

Dia memastikan bahwa Teddy akan secepatnya bergabung ke Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu. Maruli mengatakan Teddy sudah melapor bahwa dirinya akan datang ke Batalyon untuk mulai mempelajari tugas-tugasnya disana.

"Sebenarnya kemarin sudah disampaikan dilaporkan oleh Mayor Teddy bahwa dia akan datang ke Batalyon. Sudah mulai belajar. Nanti tinggal lagi. Sudah mulai dia," jelasnya.

Namun, Maruli belum bisa memastikan kapan Teddy akan melepas jabatannya sebagai ajudan Prabowo. Dia hanya menjawab bahwa Teddy masih diperlukan untuk mengawal Prabowo.

"Di kondisi sekarang masih diperlukan beliau. Kira-kira begitu," ucap Maruli.

Mayor Teddy Indra Wijaya mendapat promosi jabatan. Ia kini dipercaya sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu.

Hal ini berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Nomor Kep. 137/II/2024 tertanggal 26 Februari 2024. Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigadir Jenderal TNI Kristomei Sianturi membenarkan rotasi jabatan Mayor Teddy.

"Berdasarkan Keputusan KSAD Nomor Kep. 137/II/2024 tanggal 26 Februari 2024, Mayor Inf. Teddy menjadi Wakil Komandan Batalyon Infanteri (Wadanyonif) Para Raider 328/Dirgahayu Brigif Para Raider 17/Divif 1/Kostrad," kata Kristomei dilansir dari Antara, Selasa (12/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Jadi Asisten Ajudan Jokowi

Mayor Teddy Indra Wijaya yang merupakan lulusan Akademi Militer Tahun 2011 menggantikan Mayor Inf. Ade Fian yang mendapatkan promosi sebagai Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Sops Divisi Infanteri (Divif) 1 Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad).

Kristomei menjelaskan, rotasi jabatan itu bertujuan membina karier perwira dalam bentuk tour of duty atau tour of area.

"Ada 348 orang perwira menengah berpangkat kapten/mayor dalam keputusan tersebut yang mendapatkan promosi/mutasi (tour of duty/tour of area)," ucap Kristomei.

Mayor Inf. Teddy Indra Wijaya mengawali karier militernya sejak 2011 setelah lulus dari Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Teddy, yang masuk dalam kecabangan Korps Infanteri, memulai kariernya di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Lima tahun berselang, Teddy, yang saat itu menyandang pangkat Letnan Satu, lanjut bertugas sebagai asisten ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014–2019.

Usai menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi selama lima tahun, Teddy, melanjutkan pendidikan di US Army Ranger School di Fort Benning, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini