Sukses

Ini Strategi Polda Metro Jaya Hadapi Musim Mudik Lebaran 2024

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi musim mudik dan arus balik lebaran 1445 H.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi musim mudik dan arus balik lebaran 1445 H. Karyoto menginstruksikan anggota untuk memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat yang melaksankan mudik lebaran.

"Kami akan ekstra lebih memberikan pelayanan. Karena apa?, Jakarta ini kan banyak ditinggalkan oleh masyarakat yang untuk pulang ke kampung halaman atau Mudik. Ada yang ke Sumatera, Banten, Bogor, Sukabumi, Jawa barat, dan Jawa Timur," kata Karyoto dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Karyoto mengatakan, Polsek dan Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya diimbau untuk membuka layanan penitipan kendaraan secara gratis. Hal ini untuk memberikan rasa aman kepada pemudik yang ingin menggunakan transportasi umum.

"Itu yang pertama, sehingga nanti manajemennya akan lebih bagus. Jangan sampai masyarakat yang pulang kampung menitipkan di kantor polisi malah tidak aman," ucap dia.

Selain itu, Karyoto meminta anggotanya untuk berkoordinasi dengan pihak keamanan lingkungan untuk membantu menjaga rumah-rumah kosong yang ditinggalkan pemudik.

"Saya lebih mengedepankan sistem keamanan lingkungan. Kami dari petugas hanya akan melakukan patroli, diintensifkan. Ya kita bisa melihat memang namanya pencurian ada niat tidak baik pasti sudah gambar-gambar," ucap dia.

"Tapi mudah-mudahan kita juga bisa melakukan pencegahan dengan baik," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbau Pemudik Lakukan Persiapan Matang

Karyoto mengimbau kepada masyarakat yang melaksankan mudik untuk melakukan persiapan secara matang. Salah satu yang disinggung mengenai kendaraan yang digunakan.

"Kendaraan yang sehat, roda-roda jangan sampai gundul ya," ujar dia.

Karyoto memastikan, kepolisian bersama pemagku kebijakan akan mengatur arus lalu lintas supaya tidak terjadi kepadatan panjang. Dia pun berharap persiapan mudik kali ini bisa jauh lebih baik dan lebih lancar.

"Dan yang paling penting jangan sampai kecelakaan lalu lintas lebih tinggi dari tahun yang lalu," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mematangkan strategi kesiapan operasi dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol. Dengan menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) selama selama periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan persiapan akan dimaksimalkan guna mengantisipasi puncak arus mudik yang terjadi pada H-4 Lebaran atau Sabtu 6 April 2024.

“Prediksi puncak arus mudik jatuh pada H-4 Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau pada hari Sabtu, 6 April 2024. Dengan lalu lintas mencapai 259 ribu kendaraan di empat gerbang tol utama, naik 66,8% terhadap normal,” kata Lisye dalam keteranganya, Kamis (21/3/2024)

Sementara untuk prediksi puncak arus balik akan jatuh pada H+5 atau Senin, 15 April dengan lalu lintas mencapai 300 ribu kendaraan di empat gerbang tol utama, naik hingga 131% terhadap normal.

"Dengan adanya lonjakan kendaraan yang tinggi menuju maupun dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung tersebut, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi oleh pengguna jalan yaitu pada KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan pertemuan kendaraan menuju/dari Bandung dan Cikampek menuju/dari Jakarta,” kata dia.

“Hal ini dapat terlihat dari jumlah volume lalu lintas di titik ini yang diprediksi meningkat hingga 118% pada puncak arus mudik dan 117% pada puncak arus balik," imbuh Lisye.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.