Sukses

Kemenkominfo Berduka, Mantan Menteri Penerangan Alwi Dahlan Meninggal Dunia

Mantan Menteri Penerangan RI, Muhammad Alwi Dahlan meninggal dunia di usianya yang ke-90 tahun pada Rabu (20/3/2024).

 

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Penerangan Republik Indonesia, Muhammad Alwi Dahlan meninggal dunia di usianya yang ke-90 tahun pada Rabu (20/3/2024). Kabar duka itu disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat akun X, @kemkominfo.

"Inalillahi wainnailaihi rojiun. Segenap keluarga besar Kementerian Komunikasi dan Informatika mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Prof. M. Alwi Dahlan, M.A, Ph.D. Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah.SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi katabahan," demikian keterangan Kemenkominfo, Rabu.

Alwi Dahlan merupakan Menteri Penerangan RI dalam kabinet terakhir Presiden Soeharto, Maret-Mei 1998. 

Sebelum menjadi Menteri Penerangan, tokoh kelahiran Padang, 15 Mei 1933 itu pernah menjabat sebagai  Asisten Menteri Negara bidang Keserasian Kependudukan dan Lingkungan, dan Bidang Kependudukan, di Kementerian Lingkungan Hidup (1979-1993).

Dia kemudian didapuk menjadi Kepala Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7) periode 1993-1998.

Pada 5 Juli 1997, Alwi Dahlan dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang ilmu komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI). Dia juga dikenal sebagai Bapak Ilmu Komunikasi Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penulis Skenario Film

Alwi Dahlan yang merupakan keponakan tokoh film Indonesia, Usmar Ismail ini juga gemar menulis skenario film. Selama periode 1953-1958, Alwi sempat menulis sembilan skenario film.

Beberapa cerita filmnya di antaranya, Tiga Dara, Harimau Tjampa, hingga Jenderal Kancil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.