Sukses

Viral Kepala Bocah di Jaktim Tersangkut Kaleng Susu, Petugas Damkar Turun Tangan

Kepala seorang bocah laki-laki di Jakarta Timur tersangkut kaleng susu. Peristiwa yang menimpa bocah bernama Ahmad (5) ini terjadi pada Senin 18 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala seorang bocah laki-laki di Jakarta Timur tersangkut kaleng susu. Peristiwa yang menimpa bocah bernama Ahmad (5) ini terjadi pada Senin 18 Maret 2024.

Ketika itu, Ahmad yang sedang bermain tiba-tiba memasukkan kaleng susu ke kepalanya. Namun, Ahmad kesulitan saat ingin melepas kaleng susu dari kepalanya. Alhasil, orang tua Ahmad meminta bantuan petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Detik-detik pelepasan kaleng susu dari kepala Ahmad pun viral di media sosial, salah satunya diunggah akun Instagram @kabar.jaktim pada Selasa (19/3/2024).

Dalam video, terlihat sejumlah petugas damkar berupaya melepaskan kaleng susu dari kepala bocah tersebut. Sambil melantunkan ayat suci Al Quran, petugas berupaya menenangkan Ahmad.

"ADA ADA BAE KELAKUAN BOCAH 😁KALENG PAKE DIMASUKIN KEPALA

Kepala seorang anak laki-laki berumur 5 Tahun tersangkut kedalam kaleng saat sedang bermain. Senin (18/03) Sekitar Pukul 15.30 WIB

Menurut keterangan dari orangtuanya, awalnya sang anak sedang memainkan kaleng tersebut dengan memasukkannya ke kepala, tiba tiba kaleng tersebut tersangkut di kepalanya.

Sang orang tua yang menyadari kejadian tersebut langsung membawanya ke Kantor Gulkarmat Jakarta Timur sektor Kramatjati untuk meminta bantuan evakuasi.

Dengan mengerahkan 5 Personil dari sektor tersebut, dan dalam waktu 5 menit kepala sang anak berhasil dievakuasi," tulis akun Instagram @kabar.jaktim, Selasa (19/3/2024).

Kasie Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, ada lima personel Gulkarmat yang membantu melepaskan kaleng susu dari kepala Ahmad.

"Korban bermain-main memasukkan kepalanya ke kaleng susu, namun tidak dapat dilepas," kata Gatot dilansir dari Antara, Selasa (19/3/2024).

Orang tua Ahmad akhirnya menghubungi petugas Damkar Jakarta Timur guna meminta bantuan mengevakuasi kaleng susu dari kepala Ahmad.

"Awal evakuasi dilakukan pukul 15.45 WIB. Proses evakuasi cukup memakan waktu dan akhirnya dinyatakan selesai pukul 16.10 WIB," ucap Gatot.

Proses evakuasi berlangsung dramatis lantaran Ahmad panik ketika kaleng susu dipotong dengan menggunakan gerinda mini. Petugas Damkar memotong kaleng susu dibantu dengan menyiram air di setiap proses pemotongan.

"Kaleng susu berhasil dilepaskan dari kepala korban. Kondisi korban selamat," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Damkar Minta Warga Tak Laporkan Kebakaran via DM Instagram

Pemadam Kebakaran atau sering disingkat Damkar bekerja berdasarkan laporan kejadian dari warga. Bukan hanya laporan tentang memadamkan api, kejadian seperti rumah terganggu sarang tawon dan bahkan anak yang terjebak di pohon juga kerap ditangani petugas damkar.

Namun ternyata sering kali laporan yang masuk tak hanya datang dari akun resmi kontak yang seharusnya untuk layanan pengaduan. Ada pula warga yang melaporkan melalui Direct Message (DM) Instagram.

Dengan kejadian kebakaran sebagai situasi yang darurat, tentu hal ini perlu diluruskan agar tim Damkar bisa segera mengatasi. "Jangan melapor lewat DM Instagam, melaporlah pada nomor yang sudah tersedia di nomor 02518322100," jelas akun resmi Damkar Kota Bogor, melalui fitur Instagram Story yang diunggah pada Sabtu (16/3/2024).

Sebagai bentuk edukasi, Damkar kota Bogor memberikan alasan tidak boleh melapor melalui DM Instagram karema admin tidak memantau akun tersebut tiap detik. Sementara penanganan kebakaran dan penyelamatan butuh cepat, tepat dan terukur untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun kerugian harta benda yang ditimbulkan.

"Bayangkan jika ada kebakaran atau penanganan penyelamatan lapor lewat DM Instagram admin tidak on, maka akan ada jatuhnya korban jiwa dan kerugian yang besar karena telat penanganan," jelas Damkar Bogor.

Adannya akun Instagram Damkar dijelaskan hanyalah sebagai tempat memberikan informasi apa yang telah dikerjakan Damkar dan edukasi bahaya kebakaran. Jika mengirim pesan langsung melalui Instagram tentu ada kemungkinan paoran tidak terbaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.