Sukses

Lewat Banyuwangi Ayo Kursus, Ipuk Fasilitasi Ratusan Warga Ikuti Kursus Gratis Aneka Keterampilan

Melalui program Banyuwangi Ayo Kursus, Pemkab memfasilitasi beragam pelatihan keterampilan secara gratis bagi masyarakat Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi Ciptakan Peluang Usaha, Ratusan Warga Banyuwangi Ikuti Kursus Gratis Aneka Keterampilan

Sebagai upaya nyata untuk membantu warga Banyuwangi lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha secara mandiri, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar program Banyuwangi Ayo Kursus. Ini merupakan program kursus gratis yang memfasilitasi beragam pelatihan keterampilan.

Memasuki tahun ke tiga, sekitar 600 orang tercatat mengikuti program Banyuwangi Ayo Kursus dengan 14 jenis kursus yang ditawarkan mencakup berbagai bidang. Seperti, barista, pangkas rambut, bahasa asing, pariwisata dan perhotelan, tata rias pengantin, tata boga, tata busana, hingga pelatihan berbasis digital seperti bahasa pemrograman, content creator, desain grafis, dan digital marketing.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan ini merupakan usaha Pemkab Banyuwangi untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan pendidikan vokasional.

"Selain itu juga memberikan life skill berupa soft skill dan hard skill yang ujungnya nanti mereka sudah memiliki keterampilan tertentu dalam memasuki dunia kerja ataupun bekal berwirausaha secara mandiri," kata Ipuk Fiestiandani saat membuka Banyuwangi Ayo Kursus secara virtual di SMKN 1 Glagah, Banyuwangi, Sabtu sore (17/3/2024).

Ipuk menjelaskan program ini adalah inisiatif pelatihan keterampilan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian warga Banyuwangi.

"Kami berharap program ini dapat membantu warga Banyuwangi untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan berdikari secara ekonomi,” ujar Ipuk.

"Semoga dengan banyaknya pilihan keterampilan ini, masyarakat Banyuwangi bisa terampil dan bisa mengimplementasikan skill nya di dunia kerja ataupun wirausaha," harap Ipuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyuwangi Ayo Kursus Sediakan 47 Kelas

Ia menambahkan Pemkab Banyuwangi setiap tahunnya menggelar berbagai program peningkatan kemampuan bisnis, keterampilan hingga memberikan modal usaha sampai ratusan juta rupiah. Di antaranya model inkubasi bisnis bagi pengusaha muda melalui program Jagoan Banyuwangi, bantuan alat usaha melalui program Warung Naik Kelas (Wenak), dan pelatihan keterampilan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, menambahkan, Banyuwangi Ayo Kursus dilaksanakan selama 15 hari, mulai 16 hingga 30 Maret 2024 mendatang.  Program ini menyediakan 47 kelas yang tersebar di beberapa lokasi se-Banyuwangi. Pemkab juga menggandeng 6 SMK, dan 25 lembaga kursus pelatihan di Banyuwangi.

"Pola pengajarannya adalah project based learning. Jadi outputnya, para peserta pelatihan diharuskan menghasilkan karya yang nantinya akan dinilai oleh para pengajar," jelas Suratno.

3 dari 3 halaman

Pelatihan Digital Marketing

Selain itu, tambah Suratno, para warga belajar juga akan mendapatkan pendampingan produk industri rumahan, sertifikasi halal, dan pelatihan digital marketing termasuk desain kemasan produk, dan lainnya.

"Dengan pendampingan ini kami berharap, para peserta bukan hanya bisa memulai karir atau usahanya, tapi juga bagaimana mempertahankan usahanya agar sustainable," terang Suratno.

Pemkab Banyuwangi juga bermitra dengan Bank BPR Jatim agar para peserta dapat dibantu permodalan usahanya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini