Sukses

Surat Resmi Presiden AS Joe Biden, Ucapkan Selamat untuk Prabowo

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam pemilihan presiden 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam pemilihan presiden 2024.

Ucapan itu disampaikan Joe Biden melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024.

Mengutip siaran pers yang diterima, surat itu diantar langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham kepada Prabowo ke Kementerian Pertahanan, Kamis (14/3/2024).

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya," tulis Biden dalam surat itu.

Biden melanjutkan, bahwa selama 75 tahun, Indonesia dan Amerika Serikat semakin terikat oleh nilai-nilai bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia.

"Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman," tulis Biden.

Biden dalam surat itu juga menyorot peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan saat ini yang menurutnya sangat penting bagi upaya itu.

"Kemitraan dengan Anda sebagai Menteri Pertahanan Indonesia sangatlah penting dalam upaya ini. Saya berharap dapat memperkuat hubungan negara kita lebih jauh lagi seiring kita terus menerapkan Comprehensive Strategic Partnership [Kemitraan Strategis Komprehensif] dan menjajaki bidang kerja sama baru," sambungnya.

Biden menyampaikan doanya untuk Prabowo. Biden yakin ketika Indonesia dan AS bersatu, kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia menjadi lebih aman.

"Mohon terimalah doa terbaik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang senantiasa diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita," Biden menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Prabowo soal Surat Ucapan dari Joe Biden

Surat ucapan dari Biden itu juga diunggah Prabowo melalui akun Instagram pribadinya. Dia mengaku sangat terhormat mendapat surat dari orang nomor satu di Amerika Serikat.

"Saya merasa sangat terhormat mendapat surat ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat, Yang Mulia Joe Biden," tulis Prabowo.

Prabowo berjanji akan terus memperkuat komitmen antar kedua negara, Indonesia dan Amerika Serikat di masa depan.

"Kami tetap berkomitmen dalam memperkuat ikatan sejarah antara kedua negara melalui kerja sama lebih lanjut," ujar Prabowo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.