Sukses

Kabaharkam Polri Bakal Perkuat Sistem dan Bangun Shelter Patroli

Fadil menjelaskan, Korps Sabhara telah memiliki markas komando (Mako) tersendiri dan akan dijadikan sebagai titik awal untuk kembali menghidupkan, memperkuat, memodernisasi, mendigitalisasi patroli.

Liputan6.com, Jakarta - Momentum peringatan HUT Korps Samapta Bhayangkara Polri ke-72 digelar di Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok. Baharkam Mabes Polri akan memperkuat sistem dan bangun shelter patroli untuk melayani masyarakat.

Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran mengatakan, momentum peringatan hari lahir Sabhara Polri, akan dijadikan sebagai momentum untuk mengembalikan Sabhara Perintis. Pada awal pembentukannya menjadi sosok yang sangat dekat dalam memberikan perlindungan, pertolongan, pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelaksanaan patroli.

"Perayaan Korps Sabhara hari ulang tahun pada kesempatan ini lebih ditekankan, kepada makna untuk kehadiran Sabhara dalam bentuk patroli, baik patroli roda dua, roda empat, patroli bersepeda, dan patroli jalan kaki,” ujar Fadil kepada Liputan6.com, Kamis (14/3/2024).

Fadil menjelaskan, Korps Sabhara telah memiliki markas komando (Mako) tersendiri dan akan dijadikan sebagai titik awal untuk kembali menghidupkan, memperkuat, memodernisasi, mendigitalisasi patroli.

Upaya tersebut sudah dilakukan Baharkam Polri dan menjadikan Makassar sebagai wilayah percontohan.

"Rencana kedepan tidak ada lagi patroli yang parkir di Polsek,” ucap Fadil.

Fadil menjelaskan, Baharkam Polri berencana akan membangun shelter patroli. Nantinya patroli akan berawal dari shelter tersebut dan kembali ke pool patroli.

"Kami akan membuat Selter patroli sehingga semua mobil patroli itu berangkat patroli, kembali patroli dari semua pool patroli,” jelas Fadil.

Untuk menguatkan rencana shelter patroli, Baharkam Polri akan membangun manajemen patroli dengan baik. Nantinya akan dikuatkan sejumlah perlengkapan dan optimalisasi control lapangan.

Sabhara juga ada fungsi pengamanan objek vital, ini tidak kalah penting,” terang Fadil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksimalkan Peran Polisi Satwa

Pengamanan objek vital merupakan sebuah program unggulan tentang pengamanan objek vital. Selain itu, turut menghadirkan polisi satwa yang hanya dikenal saat diperbantukan tindak pidana yang memerlukan pelacakan.

"Sekarang polisi satwa kami hadirkan setiap malam melaksanakan patroli bersama unit patroli roda dua maupun roda empat,” ujar Fadil.

Fadil menambahkan, pada kegiatan masyarakat maupun kegiatan tertentu, pasukan berkuda turut memberikan pengawasan dalam melaksanakan patroli. Selain itu, Sabhara memiliki tugas dan fungsi sebagai SAR terbatas.

"Fungsi SAR ini akan terus kita kuatkan karena Indonesia adalah negara yang memiliki karakteristik kebencanaan yang cukup tinggi,” pungkas Fadil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini