Sukses

Jokowi Pastikan HUT ke-79 RI Siap Digelar di IKN: Acara Sudah Dirancang, Hampir Final

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 siap digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 siap digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi menyebut pemerintah terus mengejar pembangunan fisik di IKN dapat segera selesai guna menunjang pelaksanaan HUT ke-79 RI.

"Tanyakan ke Menteri PUPR, ke Kepala Otorita IKN. Tidak ada masalah (soal persiapan HUT ke-79 RI). Jadi fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini," kata Jokowi usai melakukan groundbreaking sejumlah Bank di Kawasan IKN Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

Selain itu, kata dia, acara HUT ke-79 RI di IKN juga sudah mulai dirancang, termasuk soal kapasitas tamu undangan. Jokowi menyebut persiapan HUT ke-79 RI sudah hampir final.

"Kemudian acara sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa sudah sedetail itu. Sudah di Januari, sudah hampir final," jelasnya.

Terkait pemindahan ASN ke IKN, Jokowi mengatakan hal tersebut akan dilakukan secara bertahap. Pasalnya, pemerintah harus menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung seperti, rumah, sekolah dan rumah sakit.

"Perumahan, itu yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak, beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit. Sehingga semuanya ini harus mengelola manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan," tutur Jokowi.

Kendati begitu, dia optimistis IKN dapat menjadi kota hidup dalam satu dekade ke depan.

"Tapi seperti tadi yang saya sampaikan, kita perkirakan kota ini (IKN) dalam 10 tahun menjadi kota hidup yang dihuni oleh banyak masyarakat kita," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istana Siapkan HUT ke-79 RI

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara mulai menyiapkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meminta kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk segera menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Lebih lanjut, Heru pun meminta agar proses latihan pasukan tersebut agar dapat dimulai dengan segera.

"Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi, termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa mulai Maret sudah ada, sehingga latihannya sudah sedini mungkin. Yang pertama mungkin latihannya ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN, dan lanjut nanti persiapan-persiapannya di bulan Juni, Juli, dan Agustus," tutur Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, (9/1/2024).

Terkait dukungan sarana prasarana, Heru menuturkan bahwa telah dimulai juga pembahasan mengenai akomodasi untuk kebutuhan menginap setiap pihak yang akan terlibat dalam gelaran HUT RI perdana di IKN. Heru menyebut nantinya akomodasi akan tersebar di sejumlah tempat.

"Yang ketiga adalah termasuk membahas terkait dengan kesiapan akomodasi—hotel dan lain-lain, termasuk rute siapa yang menginap di Balikpapan, siapa yang menginap di Samarinda, pick up -nya bagaimana lantas nanti menggunakan kendaraan listrik titiknya di mana itu kita bahas dan pendetailan hari ini dan seterusnya masing-masing tadi," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Warga Akan Diundang

Heru menyebut, dalam waktu dekat akan kembali dilaksanakan pertemuan dan juga survei lapangan secara terbatas untuk memastikan kesiapan langsung di IKN.

"Pimpinan-pimpinan tertentu, kami akan ke sana untuk membahas detail rute, rute pasukan Paskibra, rute pasukan—kesiapan pasukan inti bagaimana, itu di dalam istana," ujarnya.

Sementara pada pelaksanaannya nanti, Heru menyebut HUT RI perdana di IKN tersebut akan tetap menyesuaikan kondisi di IKN. Heru mengatakan bahwa terdapat kemungkinkan untuk mengundang masyarakat secara _hybrid_.

"Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan, kesiapannya, jumlahnya berapa tadi dihitung-hitung kurang lebih 2.000 kiri kanan, dan juga kombinasi hybrid kan, hybrid juga kita bisa undang seperti saat kita merayakan HUT pada tahun 2020 dan 2021—hybrid," pungkas Heru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.