Sukses

Resmikan Terminal Samarinda, Jokowi Dorong Masyarakat Gunakan Transportasi Umum

Presiden Jokowi mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di kota-kota besar. Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Terminal Samarinda Seberang di Kota Samarinda, Kaltim.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Samarinda Seberang di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (28/2/2024).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum guna mengurangi kemacetan yang terjadi di banyak kota besar di Indonesia.

"Kalau kita lihat dari kota ke kota di manapun sekarang ini macet, termasuk saya lihat di Samarinda, di Balikpapan, di Banjarmasin. Oleh sebab itu, kita harus mendorong lagi transportasi massal, transportasi umum agar penggunaan kendaraan pribadi itu terus berkurang," ujar Jokowi di Terminal Samarinda Seberang.

Presiden Jokowi meresmikan Terminal Samarinda Seberang di Kaltim. Jokowi mendorong masyarakat beralih menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan. (Foto: Sekretariat Presiden)

Menurut Jokowi, masalah kemacetan di Ibu kota sudah terjadi bertahun-tahun, meski Jakarta telah memiliki berbagai sarana transportasi massal seperti kereta rel listrik (KRL), Lintas Rel Terpadu (LRT), Moda Raya Terpadu (MRT), hingga TransJakarta.

"Oleh sebab itu, kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri pentingnya transportasi umum, pentingnya transportasi massal," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transformasi Terminal Kumuh Jadi Bersih

Kepala negara merasa senang dengan pembangunan Terminal Samarinda Seberang. Terminal yang sebelumnya kumuh, kotor, dan tidak tertata tersebut kini telah menjelma menjadi terminal yang bersih, rapi, dan tertata.

"Kita harapkan ini akan mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong menggunakan transportasi umum," ucapnya.

"Dari sini akan bisa ke Balikpapan, dari sini bisa ke Banjarmasin, saya kira akan sangat baik kalau menggunakan transportasi umum, dan tidak menggunakan transportasi pribadi. Ini untuk sekali lagi mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.