Sukses

Tawarkan Kemitraan Komprehensif RI-Selandia Baru, Wapres Ma'ruf Dorong Kerja Sama Produk Halal

Wapres mengatakan kemitraan komprehensif Indonesia-Selandia Baru adalah instrumen strategis untuk meningkatkan kerja sama mendorong implementasi konkret, terutama di bidang ekonomi dan pembangunan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menawarkan kemitraan komprehensif Indonesia-Selandia Baru sebagai instrumen strategis bagi kawasan Pasifik.

Tawaran itu dikemukakan Wapres Ma'ruf Amin saat melakukan kunjungan kehormatan dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Gedung Parlemen Selandia Baru, Rabu (28/2/2024).

"Terkait kemitraan komprehensif, perlu saya tegaskan bahwa Selandia Baru adalah mitra penting Indonesia di kawasan Pasifik," kata Wapres Ma'ruf dalam sambutannya yang dilansir dari Antara.

Ia mengatakan kemitraan komprehensif Indonesia-Selandia Baru adalah instrumen strategis untuk meningkatkan kerja sama mendorong implementasi konkret, terutama di bidang ekonomi dan pembangunan.

Untuk itu Ma'ruf berharap dalam tahun ini Pemerintah Indonesia dan Selandia Baru dapat memperbarui Rencana Aksi 2020--2024 sebagai panduan implementasi kemitraan dimaksud.

"Saya menyambut baik upaya konkret untuk memperkuat perdagangan kedua negara, termasuk di antaranya melalui kerja sama untuk produk halal yang terus didorong kemajuannya melalui usulan Perjanjian Pengakuan Timbal Balik," katanya.

Ia mengatakan rencana kunjungan Perdana Menteri Christopher Luxon ke Jakarta tahun ini, dan juga kunjungan Winston Peters ke Jakarta dalam waktu dekat dapat semakin memperkuat kemitraan Indonesia dan Selandia Baru.

Menanggapi pernyataan Wapres Ma'ruf, Winston Peters berharap pertemuan bilateral tersebut dapat membuka peluang kedua negara dalam memperluas perdagangan.

"Kami melakukan upaya menguatkan perdagangan dua negara termasuk perdagangan halal," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapkan Selamat atas Kelancaran Pemilu

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon, di Speaker's Lounge New Zealand Parliament Buildings, Selasa (27/02/2024). Ucapan tersebut terkait proses pemilihan umum yang baru saja berlangsung di Indonesia.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas terlaksananya pemilihan umum terbesar di Indonesia, termasuk pemilihan presiden disana,” tutur PM Luxon, dikutip dari keterangan tertulis Setwapres, Selasa (27/2/2024).

Membalas ucapan tersebut, Ma’ruf Amin juga mengucapkan selamat atas terpilihnya PM Luxon. PM Luxon baru menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada 27 November 2023 lalu, usai partainya, National Party, mengalahkan Labour Party yang berkuasa selama beberapa tahun terakhir.

"Saya juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri,” ujar Wapres.

“Saya yakin, di bawah kepemimpinan Anda Selandia Baru akan terus maju dan terus memainkan peran aktif di kawasan Pasifik maupun di tataran global,” lanjutnya.

Lebih lanjut, PM Luxon berharap, pemerintah Selandia Baru dapat meningkatkan kerja sama dengan pemerintah baru Indonesia kelak. 

“Kami menanti untuk bertemu dengan Presiden Indonesia minggu depan. Semoga kita bisa meningkatkan perdagangan kita,” pungkas PM Luxon.

Mendampingi Ma’ruf pada pertemuan ini, Duta Besar RI Wellington Fientje Maritje S., Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Koordinator Fungsi KBRI Lucky Saud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.