Sukses

Infografis Siap-Siap 2.500 ASN Pindah ke IKN Agustus 2024

Upacara peringatan HUT ke-79 kemerdekaan RI bakal digelar di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Seiring dengan itu, sekitar 2.500 ASN akan dipindahkan ke IKN Nusantara pada Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 kemerdekaan RI bakal digelar di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Upacara HUT RI ini akan menjadi titik awal perpindahan secara bertahap dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara.

"IKN beroperasi untuk pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2024, IKN harus diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pada gelaran besar nasional yang sangat signifikan. Pada 17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah untuk kita semua. Jadi hari tersebut cocok untuk dijadikan sebagai simbol hari pertamanya IKN," ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN atau OIKN Silvia Halim, Kamis 22 Februari 2024.

Silvia pun menjelaskan terkait persiapan HUT Kemerdekaan RI tahun ini di IKN. Menurut dia, OIKN juga berfokus pada memastikan ketersediaan akomodasi dan mobilitas bagi para tamu yang nantinya menghadiri maupun masyarakat yang akan menyaksikan.

Bukan hanya soal upacara HUT RI perdana di IKN. Aparat Sipil Negara (ASN) ataupun Pegawai Negeri Sipil (PNS). ASN ataupun PNS secara bertahap akan bekerja dan tinggal di IKN Nusantara.

Terkait pemindahan ASN, Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB buka suara. Tepatnya, sekitar 2.500 ASN akan dipindahkan ke IKN Nusantara pada Agustus 2024.

"Jadi sekarang sedang dibuat skenario lebih rinci, jangka pendek, menengah dan panjang. Jangka pendek ini kita siapkan dengan hunian yang tersedia, tetapi Agustus sampai Oktober ada yang pindah ke IKN. Karena beberapa tempat sudah ada, minimal untuk 2.500 ASN sudah ada," Abdullah Azwar Anas menjelaskan.

Pejabat terkait terutama Otorita IKN turut menanggapi perihal 2.500 ASN bakal pindah ke IKN Nusantara pada Agustus 2024. Bagaimana ragam tanggapannya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap 2.500 ASN Pindah ke IKN Agustus 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Siap-Siap 2.500 ASN Pindah ke IKN Agustus 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini