Sukses

Top 3 News: Kumpulkan Menteri, Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membahas sejumlah program capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin 26 Februari 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas sejumlah program capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26 Februari 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Salah satunya, makan siang gratis yang menjadi program unggulan Prabowo-Gibran. Hal itu disampaikan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Bahlil menilai, tak perlu ada tim transisi untuk memuluskan program Prabowo-Gibran. Pasalnya, Prabowo-Gibran akan melanjutkan program-program pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Bahlil menyampaikan pembahasan soal program makan siang gratis dalam RAPBN 2025 bukan bermaksud mendahului Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang belum menetapkan hasil hitung resmi pilpres 2024. Dia menuturkan pembahasan program makan siang gratis Prabowo-Gibran hanya simulasi dan rancangan.

Sementara itu, rektor Universitas Pancasila ETH akhirnya buka suara terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan terhadap dua karyawannya hingga dilaporkan ke polisi.

Melalui pengacaranya, Raden Nanda Setiawan, Rektor Universitas Pancasila ETH menepis adanya dugaan pelecehan seksual tersebut. Raden menjelaskan, setiap orang bisa mengajukan laporan ke kepolisian. Namun, kata dia, yang perlu digarisbawahi ancaman hukuman bagi siapa saja yang membuat laporan mengada-ada.

Raden menyebut, laporan kasus dugaan pelecehan seksual yang dilayangkan dua orang terhadap kliennya terlalu janggal. Pasalnya, laporan tersebut dibuat saat proses pemilihan rektor baru.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Menteri Luar Negeri Indonesia atau Menlu Retno Marsudi yang menyampaikan pernyataan tegas soal keberpihakan Indonesia terhadap Palestina. Termasuk saat di International Court Justice pada Jumat kemarin di forum G20 di Rio de Janeiro.

Menanggapi hal itu, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya yang sangat sungguh-sungguh Menlu Retno.

Sudarnoto menyatakan, perjuangan diplomasi Indonesia khususnya yang terkait dengan Palestina harus tetap dijaga dan bahkan diperkuat di masa-masa mendatang.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 26 Februari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kumpulkan Menteri, Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas sejumlah program capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

Salah satunya, makan siang gratis yang menjadi program unggulan Prabowo-Gibran.

"Tadi (rapat) membahas program-program Pak Prabowo, termasuk di dalamnya adalah makan siang (gratis) tahap awal," kata Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di usai rapat di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 26 Februari 2024.

Bahlil menilai, tak perlu ada tim transisi untuk memuluskan program Prabowo-Gibran. Pasalnya, Prabowo-Gibran akan melanjutkan program-program pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Kalau pemerintahan sekarang berkelanjutan. Apanya yang mau ditransisi? Jadi yang ada itu pemantapan melanjutkan yang sudah bagus. Yang belum bagus kita lakukan perbaikan, dalam rangka melengkapi visi misi Prabowo-Gibran," jelasnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Tiga Pernyataan Rektor Universitas Pancasila Usai Dilaporkan Terkait Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Rektor Universitas Pancasila ETH akhirnya buka suara terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan terhadap dua karyawannya hingga dilaporkan ke polisi.

Melalui pengacaranya, Raden Nanda Setiawan, Rektor Universitas Pancasila ETH menepis adanya dugaan kejadian pelecehan seksual tersebut.

"Berita tersebut kami pastikan didasarkan atas laporan yang tidak benar dan tidak pernah terjadi peristiwa yang dilaporkan tersebut," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu, 25 Februari 2024.

Raden menjelaskan, setiap orang bisa mengajukan laporan ke kepolisian. Namun, kata dia, yang perlu digarisbawahi ancaman hukuman bagi siapa saja yang membuat laporan mengada-ada.

"Kita ketahui laporan atas suatu peristiwa fiktif akan ada konsekuensi hukumnya," kata Raden.

Raden menyebut, laporan kasus dugaan pelecehan seksual yang dilayangkan dua orang korban terhadap kliennya terlalu janggal. Pasalnya, laporan tersebut dibuat tengah proses pemilihan rektor baru.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Apresiasi Ketegasan Menlu Retno, MUI Serukan Israel Adalah Musuh Bersama

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyampaikan pernyataan tegas terkait keberpihakan Indonesia terhadap Palestina. Termasuk saat di International Court Justice pada Jumat kemarin di forum G20 di Rio de Janeiro.

Menanggapi hal itu, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya yang sangat sungguh-sungguh Menlu Retno.

"Ini menggambarkan sikap jenuh pemerintah, rakyat dan bangsa Indonesia terhadap kejahatan yang luar biasa Israel dan pembelaan Indonesia terhadap perjuangan rakyat dan bangsa Palestina," kata Sudarnoto seperti dikutip dari siaran pers, Senin, 26 Februari 2024.

Sudarnoto menyatakan, perjuangan diplomasi Indonesia khususnya yang terkait dengan Palestina harus tetap dijaga dan bahkan diperkuat di masa-masa mendatang.

Tanpa mengabaikan berbagai problem konflik dan kemanusiaan di berbagai wilayah dunia yang lain, Palestina sangat spesial bagi Indonesia. 

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.