Sukses

Buka MTQ ke-XV se-Tangsel, Benyamin Davnie: Alquran Sebagai Sumber Petunjuk dan Inspirasi

Benyamin mengatakan, gelaran MTQ tidak hanya sekadar kompetisi membaca Al-Qur'an. Melainkan adalah upaya dalam membumikan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XV tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang diselenggarakan dari tanggal 25 sampai 28 Februari 2024 di Kecamatan Ciputat resmi dibuka oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. 

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Wali Kota Benyamin Davnie didampingi Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang bertempat di Lapangan Sepak Bola, Kecamatan Ciputat, pada Minggu (25/02/2024).

Pembukaan juga berlangsung meriah, ditandai dengan penampilan defile para kontingen dari 7 kecamatan yang ada di Tangerang Selatan. Serta penampilan dari musik gambus El Corona.

Wali Kota Benyamin dalam kesempatannya mengatakan, bahwa gelaran MTQ tidak hanya sekadar kompetisi membaca Al-Qur'an, melainkan adalah upaya dalam membumikan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Al-Qur'an sebagai sumber petunjuk dan inspirasi. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, bersama Al-Qur'an kita wujudkan kebersamaan dan persaudaraan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Benyamin.

Tentunya kata Benyamin, pemahaman tentang Al-Qur'an dapat menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Tangsel. Sesuai dengan misi MTQ yakni menghargai dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an di kalangan masyarakat, khususnya di generasi muda.

"Sudah banyak contoh nyata di Tangerang Selatan, bagaimana nilai-nilai Al-Qur'an berhasil menginspirasi berbagai inisiatif sosial dan komunitas," ucapnya.

Mulai dari program pendidikan anak yatim piatu, hingga pengembangan ekonomi berbasis Masjid.

"Semuanya bermula dari inspirasi dan petunjuk Al-Qur'an. Inilah bukti nyata, bagaimana Al-Qur'an dapat menjadi sumber kekuatan bagi kita untuk menciptakan perubahan inovatif bagi masyarakat," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti 1.428 Peserta

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan, Bambang Noertjahjo yang juga sebagai ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ ke-XV tingkat Kota Tangerang Selatan digelar mulai dari 25 sampai 28 Februari 2024. 

Dimana peserta berasal dari 7 kecamatan, 7 kafilah dan 1.428 peserta Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), dengan Kecamatan Ciputat sebagai tuan rumah.

"Pelaksanaan bertempat di Kecamatan Ciputat dengan 14 titik arena perlombaan yang tersebar," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.