Sukses

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Janji Bakal Urus Kasus BLBI: Kita Selesaikan

Hadi mengatakan, dirinya akan turun langsung ke lapangan menyelesaikan kasus BLBI dengan koordinasi yang ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Hadi Tjahjanto resmi dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Serah terima jabatan (Sertijab) pun telah dilakukan.

Usai sertijab, Hadi bicara mengenai kerja prioritasnya sebagai Menko Polhukam yakni soal penanganan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Hadi Tjahjanto bilang, bakal memonitor kasus tersebut.

"Terkait dengan penyelesaian BLBI dan kita juga akan terus memonitor perkembangan di lapangan apabila ada permasalahan-permasalahan," kata Hadi dalam konferensi pers usai sertijab di Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Hadi mengatakan, dirinya akan turun langsung ke lapangan menyelesaikan persoalan yang ada. Menurut Hadi, akan dilakukan koordinasi yang ketat agar kasus BLBI bisa dituntaskan.

"Mudah-mudahan BLBI dengan koordinasi ketat kita bisa menyelesaikan," ujar dia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Hadi menggantikan Mahfud Md yang mengundurkan diri pada awal Februari lalu karena ikut kontestasi Pilpres 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dasar Hadi Dilantik Jadi Menko Polhukam

Pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Mengangkat Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sisa masa jabatan periode 2019-2024," demikian bunyi Keppres.

Jokowi lalu membimbing Hadi mengucapkan sumpah jabatan. Hadi berjanji akan menjalankan tugas jabatan sebagai Menko Polhukam dengan sebaik-baiknya.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Hadi didepan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung mantan Panglima TNI itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.