Sukses

Dilantik Jadi Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto Janji Jaga Situasi Pemilu 2024 Tetap Kondusif

Hadi Tjahjanto resmi menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang baru. Dia juga telah melakukan serah terima jabatan dari Plt Menko Polhukam Tito Karnavian.

Liputan6.com, Jakarta Hadi Tjahjanto resmi menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang baru. Dia juga telah melakukan serah terima jabatan dari Plt Menko Polhukam Tito Karnavian.

Hadi mengatakan, siap melanjutkan tugas Tito terkait pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 hingga tuntas. Dia sepakat dengan Tito yang menyebut situasi dan kondisi Pemilu 2024 sejauh ini berjalan kondusif. 

"Sampai dengan saat ini situasinya sangat kondusif. Ini perlu dicatat rekan-rekan media sekalian. Situasinya sangat kondusif," kata Hadi dalam konferensi pers usai serah terima jabatan (sertijab) di Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Hadi menyatakan, bakal melanjutkan tugas itu dengan baik. Hadi bertekad untuk menjaga situasi kondusif tanpa gangguan apapun tersebut hingga Pemilu 2024 tuntas. 

"Saya harus menjaga situasi ini, situasi yang sangat kondusif ini dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip adalah menjaga persatuan dan kesatuan antar anak bangsa agar proses pembangunan yang sedang berjalanan ini dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan sedikit pun," jelas dia.

Hadi mengungkapkan, akan segera melaksanakan konsolidasi ke sejumlah kementerian lembaga yang berada di bawah Menko Polhukam untuk ikut serta menjaga situasi Pemilu 2024 tetap kondusif. 

"Tentunya ini adalah tugas kita bersama seluruh anak bangsa," ujar Hadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Temui Panglima TNI dan Kapolri

Lebih lanjut, Hadi juga akan menemui panglima TNI dan Kapolri membahas hal serupa. Hal tersebut, kata Hadi guna menghindari konflik di Pemilu 2024.

"Supaya tidak ada percik-percik atau benih-benih yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Tugas dari TNI/Polri adalah tetap menjaga keutuhan wilayah NKRI dan NKRI menjadi harga mati," ucap Hadi.

"Dan saya yakin dengan koordinasi yang tepat dengan dukungan para tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen saya yakin situasi kondusif yang kita rasakan hari ini akan terus terjaga," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Janji Selesaikan Masalah BLBI

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto berjanji menindaklanjuti kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Hadi mengaku sudah membuat skema penanganannya.

"Skemanya sudah kita buat dan segera saya koordinasikan termasuk juga mana-mana saja yang jadi prioritas utama," kata Hadi usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu, (21/2/2024).

Hadi mengaku bakal turun langsung ke lapangan untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Menurutnya, masalah BLBI itu juga menyangkut persoalan tanah yang selama ini dia bantu saat menjadi Menteri ATR/BPN.

"Kita tunggu saja, hari ini saya akan koordinasi segera setelah itu saya akan turun ke lapangan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di BLBI," ucapnya.

"Karena permasalahan itu menyangkut dengan permasalahan tanah yang selama ini juga saya bantu untuk menyelesaikan permasalahan BLBI," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.