Sukses

AHY dan Hadi Tjahjanto Bercengkrama Sebelum Pelantikan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat bercengkerama dengan Hadi Tjahjanto di Istana Negara sebelum pelantikan menteri, Rabu, (21/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat bercengkerama dengan Hadi Tjahjanto di Istana Negara sebelum pelantikan menteri, Rabu, (21/2/2024).

Keduanya bercengkerama di tengah ruangan Istana Negara tempat pelantikan. AHY sendiri telah tiba di Istana Negara Jakarta didampingi istri Annisa Pohan, untuk menjalani pelantikan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

AHY sudah berada di dalam Istana Negara saat wartawan masuk ke dalam ruang pelantikan sekitar pukul 10.30 WIB.

Ia tampak mengenakan setelan pakaian sipil lengkap berupa jas hitam, celana hitam dan kopiah hitam.

Sementara Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto memasuki kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 10.05 WIB. Begitu tiba, Hadi langsung masuk menuju Istana Negara.

Ia menyampaikan belum ingin memberikan keterangan secara detail kepada wartawan karena belum dilantik.

Namun, iamembenarkan dirinya akan dilantik sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) oleh Presiden Joko Widodo, Rabu.

"Iya, iya (dilantik sebagai menko polhukam)," kata Hadi singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBY Tak Akan Hadiri Pelantikan AHY Menjadi Menteri ATR/BPN di Istana

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak akan menghadiri pelantikan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Ossy Dermawan mengatakan, SBY tak dapat hadir lantaran baru saja melakukan perjalanan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelas Ossy kepada wartawan, Rabu (21/2/2024).

Namun begitu, kata Ossy, SBY telah memberikan restu kepada AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan.

"Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN," kata Ossy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Rabu (21/2/2024). Jokowi akan melantik Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara Jakarta, pukul 11.00 WIB. Mantan Panglima TNI itu menggantikan posisi Mahfud Md yang mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam pada awal Februari lalu.

"Iya (Hadi dilantik Menko Polhukam)," kata salah satu sumber di lingkungan pemerintahan, Rabu (21/2/2024).

Saat ini, Hadi menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Posisi Hadi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal ini juga dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi calon tunggal yang diajukan sebagai pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku Panglima TNI.

    Hadi Tjahjanto

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • AHY

  • Menteri ATR