Sukses

Didampingi Prabowo, Jokowi Serah Terima Alutsista Udara di Halim Perdanakusuma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara serah terima sejumlah alat utama sistem pertahanan atau alutsista di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Rabu (24/1).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara serah terima sejumlah alat utama sistem pertahanan atau alutsista di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Rabu (24/1).

Pantauan di lokasi, sejumlah petinggi negara hadiri, yaitu Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan perwakilan dari Parlemen, Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid.

Juga terlihat hadir, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Diketahui, total ada tiga unit alutsista yang diserahterimakan yakni pesawat C-130 J-30 Super Hercules, Helikopter A5 550 Feenec dan Helikopter AS 565 Panther.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat

Sebagai informasi, Super Hercules C-130J adalah pesawat angkut militer bermesin turboprop empat mesin. C-130J adalah update komprehensif Lockheed C-130 Hercules, dengan mesin baru, dek penerbangan, dan sistem lainnya.

Kemudian, Helikopter AS 550 Fennec adalah helikopter militer ringan yang diproduksi Eurocopter grup, gabungan perusahaan Aerospatiale Prancis dan DaimlerChrysler Aerospace AG (DASA) Jerman.

Sedangkan Helikopter AS 565 Panther adalah helikopter yang memiliki kemampuan mendeteksi keberadaan kapal selam. Heli heli sudah dilengkapi dengan dipping sonar L-3 Ocean Systems DS-100 Helicopter Long-Range Active Sonar (HELRAS). Teknologi HELRAS menggunakan frekuensi rendah dengan resolusi tinggi pada sistem doppler dan rentang gelombang panjang untuk mengetahui keberadaan kapal selam dari jarak jauh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Alutsista TNI adalah singkatan dari Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia.

    Alutsista TNI