Sukses

Polisi Berlakukan One Way dari Puncak Bogor ke Arah Jakarta Siang Ini

Satlantas Polres Bogor telah memberlakukan sistem satu arah atau One Way dari kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menuju Jakarta pada, Senin (1/1/2023) siang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Satlantas Polres Bogor telah memberlakukan sistem satu arah atau One Way dari kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menuju Jakarta pada, Senin (1/1/2023) siang ini.

Rekayasa itu dilakukan guna mencegah kemacetan di jalur wisata Puncak, selepas perayaan malam tahun baru 2024 yang diprediksi akan terjadi lonjakan mobilitas masyarakat dari Puncak ke Jakarta.

“Senin 01 Januari 2024, Jalur wisata Puncak diberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah ke arah Jakarta,” tulis keterangan dari akun instagram @tmcpolresbogor.

Sehingga untuk kendaraan yang hendak menuju Cianjur lewat jalur Puncak, bisa memanfaatkan jalur alternatif seperti via Jonggol (Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Ciriu, Cikalong, Cianjur) dan via Sukabumi (Ciawi, Cicurug, Cibadak, Kota Sukabumi, Cianjur).

“Kendaraan yang akan mengarah ke Puncak agar melalui jalur alternatif,” imbuhnya.

Selain itu, guna menunjang uraian kendaraan, pihak Jasa Marga juga menerapkan sistem satu arah di Jagorawi dari Puncak arah Jakarta.

“12.34 WIB #Tol_Jagorawi Puncak DIBERLAKUKAN Satu Arah Prioritas Turun,” tulis akun X @PTJASAMARGA.

“Gn Putri KM 21+800 - Cipayung KM 11+600 DIBERLAKUKAN LAJUR CONTRAFLOW/kanan, harap tertib di antrian,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasi Lilin Lodaya 2023

Adapun diberlakukan sistem one way ini sebagai bagian dari Operasi Lilin Lodaya 2023 untuk mengamankan arus mobilitas mudik masyarakat saat libur natal dan tahun baru (nataru).

"Tahun ini ada dua arus mudik dan arus balik, hari ini tanggal 26 arus balik pertama, karena ada beberapa kantor yang tanggal 27 sudah masuk kerja sehingga diperkirakan hari ini arus balik pertama," ungkap Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus dikutip antara.

Ia menjelaskan setelah arus mudik dan balik pertama pada libur panjang perayaan Natal ini, akan ada arus mudik dan balik kedua pada libur panjang perayaan Tahun Baru 2024.

Yusri memperkirakan arus mudik mendatang berlangsung pada 30-31 Desember 2023, sedangkan arus balik pada 1-2 Januari 2024.

“Makanya hari ini, sudah ada peningkatan arus balik pertama ke Jakarta, baik lewat puncak dan juga melewati Cikampek,” kata Yusri.

3 dari 4 halaman

Polisi Berlakukan One Way di Tol Palimanan Hari Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dalam rangka arus balik libur tahun baru 2024 yang diprediksi dimulai Senin-Selasa (1-2 Januari 2024).

"Tentunya perlu ada cara bertindak untuk melakukan kegiatan pengamanan sekaligus pada saat pulangnya,” kata Sigit di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (31/12/2023) malam.

Sigit menyebut salah satu persiapannya adalah rekayasa lalu lintas untuk di Tol Palimanan yang bakal diterapkan one way atau satu arah. Langkah itu dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan yang menuju Jakarta.

“Kemudian tadi disampaikan juga bahwa kemungkinan kita akan melaksanakan kegiatan one way di jalur tol besok (hari ini) di Palimanan,” kata dia.

“Nanti akan dijelaskan secara langsung lebih lanjut Mengantisipasi manakala ada puncak arus balik yang akan masuk kembali ke Jakarta,” tambahnya

4 dari 4 halaman

Persiapan Arus Balik Berjalan Baik

Sigit juga memastikan secara umum persiapan untuk arus balik telah berjalan lancar sesuai kendali. Sehingga, ia berharap semua persiapan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.

"Secara khusus seluruhnya sampai dengan tadi dilaporkan dalam keadaan terkendali, dan kita berharap ini semua bisa kita jaga kita amankan dan kita bisa melewati dan masuk pergantian tahun dengan aman dan lancar," ujarnya.

Adapun gambaran rekayasa lalu lintas one way akan akan diberlakukan mulai Km 188 GT Palimanan hingga Km 72 GT Cikampek Utama saat arus balik tahun baru, dilanjut contraflow untuk arus dari KM 72 sampai KM 36.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.