Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Sabtu 30 Desember 2023: Hujan Petir di Sejumlah Wilayah, Siang Ini

Memasuki siang hari, BMKG juga mengungkap adanya potensi hujan disertai petir yang akan terjadi di sejumlah kota di Indonesia hari ini. Sebut saja Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Pangkal Pinang, dan Mataram.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirkan cuaca berawan mendominasi sebagian kota besar di Indonesia pagi hari ini, Sabtu (30/12/2023). Selain cuaca berawan, BMKG juga melaporkan bakal terjadi hujan di Pekanbaru, Serang, sedangkan Jakarta Pusat dan Tarakan berawan tebal. 

Memasuki siang hari, BMKG juga mengungkap adanya potensi hujan disertai petir yang akan terjadi di sejumlah kota di Indonesia hari ini. Sebut saja Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Pangkal Pinang, dan Mataram. 

Sedangkan potensi hujan ringan diprediksi akan melanda wilayah Banda Aceh, Denpasar, Serang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Jayapura, Manokwari, Makassar, Kendari, Manado, Padang, dan Medan. 

Hujan dilaporkan BMKG akan kembali turun malam nanti untuk sejumlah kota di Indonesia. Di antaranya Denpasar, Bengkulu, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Bandar Lampung, dan Ternate. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Serang  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Bengkulu  Berawan   Hujan Petir  Hujan Ringan
 Yogyakarta  Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Jakarta Pusat  Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Gorontalo  Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jambi  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Petir
 Bandung  Cerah Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
Semarang Berawan Berawan Hujan Ringan
Surabaya Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
Pontianak Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Banjarmasin Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Palangkaraya Berawan Hujan Ringan Berawan
Samarinda Berawan Berawan Cerah Berawan
Tarakan Berawan Tebal Berawan Cerah Berawan
Pangkal Pinang Berawan Hujan Petir Cerah Berawan
Tanjung Pinang Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Bandar Lampung Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Ambon Cerah Berawan Berawan Berawan
Ternate Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Mataram Cerah Berawan Hujan Petir Berawan
Kupang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Kota Jayapura Berawan Hujan Ringan Berawan
Manokwari Berawan Hujan Ringan Berawan
Pekanbaru Hujan Ringan Berawan Hujan Petir
Mamuju  Berawan Berawan Hujan Lebat
Makassar Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Kendari Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Manado Cerah Hujan Ringan Berawan
Padang Berawan Hujan Ringan Berawan
Palembang Cerah Berawan Berawan Tebal Berawan
Medan  Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan BMKG Saat Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Waspada Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan sejumlah imbauan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Salah satunya BMKG mengimbau warga untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan di Jakarta dikutip Antara, Sabtu 23 Desember 2023.

Guswanto menjelaskan potensi hujan lebat dan suhu panas terik dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer.

"Sirkulasi angin di Laut China Selatan (LCS) masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia, sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Pulau Sumatera dan Kalimantan Barat," ucap dia.

Guswanto menyebut, sirkulasi angin di LCS tersebut juga secara tidak langsung memberikan dampak terhadap kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator.

Selain itu, BMKG pun melakukan kunjungan ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, untuk meninjau kesiapan menghadapi momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Berdasarkan pantauan atmosfer yang telah dilakukan, BMKG meyakini bahwa cuaca saat momentum Nataru akan aman.

"Curah hujan di wilayah selatan relatif tidak ada atau sangat berkurang," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Minggu, 24 Desember 2023.

Namun demikian, BMKG tetap mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem meski saat ini masih dalam taraf rendah, dapat berpeluang meningkat pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024.

"Kalau ada pengaruh cuaca ekstrem tersebut, kami menjaga agar tak berpengaruh di wilayah Selat Bali dengan koordinasi bersama beberapa pihak," jelas Dwikorita.

3 dari 3 halaman

Waspada Debu Vulkanik

Kondisi suhu terik pada siang hari diprediksikan masih dapat terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara.

Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer di atas dan adanya sinyal aktif fenomena gelombang Rossby di wilayah selatan ekuator dalam sepekan ke depan, maka potensi hujan sedang hingga lebat pada 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 dapat terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan.

Kemudian terjadi pula di Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Selain cuaca ekstrem, BMKG juga menyampaikan informasi tentang debu vulkanik yang berpotensi membahayakan aktivitas penerbangan.

Debu vulkanik itu bersumber dari Gunung Marapi di Sumatera Barat, Gunung Semeru di Jawa Timur, Gunung Dukono dan Gunung Ibu di Maluku Utara, serta Gunung Lewotobi di Nusa Tenggara Timur (NTT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.