Sukses

Misa Natal 2023 di Gereja Katedral, Doakan Pemilu 2024 Damai dan Adil

Romo Hani mendoakan para jemaat. Dia lalu menyampaikan sukacita perayaan Natal 2023 yang membawa harapan bagi umat, bangsa, dan negara.

Liputan6.com, Jakarta Misa Hari Raya Natal yang digelar pukul 17.00 WIB di Gereja Katedral Jakarta Pusat berlangsung khidmat. Misa natal di sore hari itu, dipimpin Romo Hani Rudi Hartoko.

Pantauan Liputan6.com, Misa Sore diawali dengan saat hening, di mana para umat disilakan mempersiapkan hati untuk merayakan ekaristi atau Misa Hari Raya Natal 2023.

Pada saat Romo Hani memasuki gereja, para jemaat yang memenuhi gereja menyanyikan lagu rohani pertanda Misa Natal dimulai. Selepas itu, Romo Hani menyapa jemaat.

"Selamat sore saudara, saudari, anak-anak yang terkasih. Selamat Natal. Adakah sukacita dalam hati Anda?" tanya Romo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (25/12/2023).

"Ada," jawab jemaat.

Romo Hani mendoakan para jemaat. Dia lalu menyampaikan sukacita perayaan Natal 2023 yang membawa harapan bagi umat, bangsa, dan negara.

"Puji Tuhan. Kita bersama-sama dengan sukacita menyambut kehadiran Tuhan Yesus Kristus dalam sosok bayi yang merupakan simbol harapan kita semua. Yang harus kita rawat, yang harus kita jaga baik sebagai pribadi, sebagai keluarga, maupun sebagai bangsa," kata dia.

Romo Hani juga mengingatkan jemaat soal pemilihan umum atau Pemilu 2024. Dia mendoakan agar Pemilu 2024 berjalan damai dan adil.

"Lebih-lebih bagi bangsa kita yang lagi tahun depan melaksanakan Pemilu. Semoga berjalan dengan baik, dengan damai, dengan jujur dan adil, dan bermartabat," ucapnya.

Dia meyakini Pemilu yang adil akan melahirkan pemimpin yang cakap. Pemimpin yang mampu membuat Indonesia menjadi bangsa yang kuat ke depan.

"Sehingga menghasilkan juga pemimpin-pemimpin yang mampu membawa kita semua menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang hebat, yang siap menyongsong masa depan dengan bermartabat," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peduli Sesama

Sebelumnya, ribuan Umat Katolik jemaat Gereja Katedral Jakarta mengikuti Misa Keluarga siang ini, Senin (25/12/2023). Misa dimulai pukul 11.10 WIB. Sesuai namanya, pada Misa Keluarga ini, Gereja Katedral dipadati dengan jemaat keluarga inti yang membawa serta anak-anak mereka. Mereka terlihat antusias.

Misa berlangsung dengan penyampaian pesan Natal dari anak-anak yang diawali dengan lagu Natal yang ceria. Lagu Natal dibawa oleh kelompok anak-anak yang memakai baju berwarna merah serta mengenakan topi sinterklas.

Lalu, terlihat ada anak-anak lainnya yang menyampaikan pesan Natal terkait 'Kesejahteraan' dan 'Berbagi kepada sesama'.

Usai penyampaian pesan oleh anak-anak, Misa Keluarga kembali dilanjutkan oleh Romo Yohanes Deodatus beserta Romo Salto Deodatus.

3 dari 3 halaman

Saling Dukung

Pada kesempatan ini, Romo Salto Deodatus juga titip pesan kepada jemaat untuk saling peduli kepada sesama khususnya di lingkungan keluarga.

"Kita mengajari anak-anak dan orang-orang serumah untuk saling dukung. Lihat yang paling lemah siapa, lihat yang paling membutuhkan pertolongan siapa, karena biasanya semakin lemah bisa terjadi juga bully di rumah kita nih," kata Romo Salto Deodatus.

Dia mengajak jemaat untuk melatih diri untuk saling membiasakan sikap kepedulian di lingkungan keluarga inti terlebih dahulu. Menurutnya, yang lemah harus diberikan dukungan bukan diejek.

"Mulai sekarang kita latihan. Justru yang lemah itu semakin didukung. Meskipun mungkin itu membutuhkan habit yang baru," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.