Sukses

Anggota TNI Ajudan Bupati Kutai Barat Disanksi Usai Aniaya Sopir Truk, Dandim: Proses Hukum Jalan Terus

Ajudan Bupati Kutai Barat FX Yapan, Serka Daniel mendapat hukuman disiplin militer setelah aksinya menganiaya sopir truk viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Ajudan Bupati Kutai Barat, Serka Daniel mendapat hukuman disiplin militer setelah aksinya menganiaya sopir truk kawasan Kinong, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, pada Rabu 20 Desember 2023 viral di media sosial.

Komandan Kodim 0912/Kutai Barat, Letkol Czi Eko Handoyo mengatakan, proses hukum terhadap Serka Daniel telah dilakukan, meski kasus penganiayan tersebut berakhir secara kekeluargaan.

"Kini yang bersangkutan telah menjalani proses hukum disiplin militer. Kami telah melakukan mediasi dengan keluarga driver, disepakati secara kekeluargaan. Akan tetapi proses hukum terus berjalan," kata Eko dikutip dari kanal YouTube Liputan6, Minggu (24/12/2023).

Selaku Komandan Kodim 0912/Kutai Barat, Eko juga menyampaikan permitaan maaf kepada masyarakat Kutai Barat dan keluarga sopir truk terkait kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Serka Daniel.

"Dengan kejadian ini, kami minta maaf kepada keluarga driver dan masyarakat Kutai Barat," ucap Eko.

Sebelumnya, seorang sopir truk terkulai lemas setelah dianiaya oleh orang tak dikenal di Jembatan Kinong (Jengan Danum), Kutai Barat Kalimantan Timur. Peristiwa itu viral di media sosial.

Salah satunya diunggah oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni ke akun media sosial Instagram pribadinya.

Terlihat, seorang pria berbadan tegap mengenakan kaus polo hitam menghampiri truk tronton yang sedang berhenti. Ia kemudian membuka pintu dan menarik tangan sopir truk sampai tersungkur. Tak hanya itu, pria itu juga melepaskan tendangan ke arah kepala sopir berulang kali.

Sementara itu, pria lain yang diduga Bupati Kutai Barat menghalangi pria itu agar menghentikan aksi brutalnya. Tak lama setelah itu, mereka berdua menuju ke mobil dan meninggalkan lokasi.

Kejadian itu pun menyedot perhatian warga sekitar. Mereka mencoba menolong si sopir yang sudah dalam kondisi lemas.

Terkait kejadian itu, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Yusuf Sutejo, membenarkan adanya kejadian itu. Saat ini, pihaknya masih mencari tahu kronologi kejadian secara rinci.

Namun, Yusuf mengatakan terduga penganiaya itu merupakan oknum TNI yang merupakan ajudan dari Bupati Kutai Barat. Kasus ini pun diserahkan ke Kodim setempat.

"Iya betul, Pak. Kami masih mencari data. Namun, yang bisa kami berikan adalah informasinya dari anggota kami di tempat ajudan Pak Bupati. Yang bersangkutan anggota TNI, sehingga penanganan diserahkan ke Kodim. Kami masih cari tahu kronologinya," jawab dia, Kamis (21/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bupati Kutai Barat FX Yapan Minta Maaf Usai Video Viral Ajudan Aniaya Sopir Truk

Bupati Kutai Barat, FX Yapan menyampaikan permintaan maaf atas kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan ajudannya terhadap sopir truk pengangkut minyak sawit mentah di kawasan Kinong, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, pada Rabu 20 Desember 2023.

Aksi penganiayaan yang dilakukan ajudan bupati Kutai Barat itu terekam kamera ponsel warga dan diunggah ke media sosial hingga kemudian menjadi viral.

"Karena itu, saya atas nama pribadi, keluarga, Pemerintah Kutai Barat, dan atas nama ajudan saya minta maaf karena suatu hal yang tidak seharusnya terjadi," ucap Yapan dalam konferensi pers di Kantor Bupati Kutai Barat, Barong Tongkok, dilansir dari Antara, Kamis 21 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini