Sukses

Pemprov DKI Pastikan Stok Gas LPG 3 Kg Aman Jelang Nataru

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) melakukan monitoring ketersediaan stok dan pendistribusian LPG tabung 3 kg ke agen dan pangkalan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) melakukan monitoring ketersediaan stok dan pendistribusian LPG tabung 3 kg ke agen dan pangkalan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Disnakertransgi Hari Nugroho mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan LPG terpenuhi.

"Apabila adanya lonjakan permintaan biasanya diikuti dengan kenaikan harga. Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami turun langsung ke agen dan pangkalan yang ada di wilayah DKI Jakarta untuk memastikan stok, stabilitas harga, dan kelancaran pendistribusian LPG tabung 3 kg," kata Hari dalam rilis resminya, Rabu (20/12/2023).

Untuk selanjutnya, Pemprov DKI berkoordinasi dengan Pertamina dan Hiswana Migas untuk menjalankan program pangkalan siaga.

"Program tersebut bertugas untuk memastikan pangkalan-pangkalan tersebut harus tetap buka untuk melayani masyarakat selama libur nasional dalam hal ini saat libur Natal dan tahun baru," ujar Hari.

Lebih lanjut, Hari memastikan bahwa stok LGP aman dan tak ada lonjakan permintaan yang signifikan.

"Apabila nantinya ada lonjakan, kami dan PT Pertamina telah mengantisipasi dengan mempersiapkan kuota fakultatif. Begitu pula dengan stabilitas harga," tambah Hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Harga Eceran LPG 3 Kg

Sampai saat ini, harga LPG di tingkat pangkalan masih sesuai dengan Pergub No 4 Tahun 2015 Tentang Harga Eceran tertinggi LPG 3 kg terdiri dari:

- Untuk Kota Administrasi Jakarta Pusat Rp16.000

- Untuk Kota Administrasi Jakarta Utara Rp16.000

- Untuk Kota Administrasi Jakarta Barat Rp16.000

- Untuk Kota Administrasi Jakarta Selatan Rp16.000

- Untuk Kota Administrasi Jakarta Timur Rp16.000

- Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Rp18.500

- Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Rp19.500

"Diimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir ataupun melakukan pembelian yang berlebihan. Semoga penyaluran LPG 3kg di wilayah DKI Jakarta tetap terkendali," imbuhnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.