Sukses

Dispar Kukar Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Bertumbuh Melalui Program Kukar Kreatif Idaman

Program Kukar Kreatif Idaman (KKI) merupakan salah satu program dedikasi Kukar Idaman, yang masuk di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Liputan6.com, Tenggarong Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara terus merealisasikan program Kukar Kreatif Idaman (KKI) sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memfasilitasi dan mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kukar.

Untuk diketahui, Program Kukar Kreatif Idaman (KKI) merupakan salah satu program dedikasi Kukar Idaman, yang masuk di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Slamet Hadiraharjo melalui Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf) David Haka Saputra mengatakan, ada beberapa poin pada program Kukar Kreatif Idaman. Salah satunya, Bupati menginginkan produk unggulan ekraf dapat dikembangkan sampai di desa-desa. Jadi bukan di kota saja, apalagi akan menghadapi Ibu Kota Negara (IKN).

"Pengembangan sektor pariwisata ini sejalan dengan misi ke-3 dari ‘Program Kukar Idaman’, yakni memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif. Dalam misi ini salah satunya ada dedikasi Program Kukar Kreatif Idaman," ujarnya.

Salah satu Desa Wisata di Kukar yang telah merasakan manfaatnya yakni Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kukar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Wisata Sumber Sari

Belum lama ini, Bupati Kukar Edi Damansyah telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada Pokdarwis Dewi Arum Desa Sumber Sari. Bantuan itu berupa tenda kemping dan sepeda lipat, yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana tambahan penunjang pariwisata di Sumber Sari.

Ketua Pokdarwis Dewi Arum, Sumber Sari, Dendi mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi Pemkab Kukar dan pemerintah desa yang telah memberikan perhatian dengan menyalurkan bantuan penunjang wisata.

"Tentunya bantuan tersebut dapat turut menyukseskan pembangunan pariwisata daerah khususnya di Desa Sumber Sari Loa Kulu, kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Bupati, serta Dinas Pariwisata yang terus memberikan perhatian terhadap keberadaan Pokdarwis Dewi Arum,” tuturnya.

Ia berharap, bantuan yang telah disalurkan mampu menjadi semangat bagi Pokdarwis Dewi Arum dalam memaksimalkan tugasnya di sektor pariwisata secara berkala. "Dan semoga ini bisa memberikan kontribusi nyata bagi daerah khususnya di sektor pariwisata," harapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.