Sukses

Jokowi Senang Harga Cabai dan Bawang Merah di Pasar Danga NTT Lebih Murah dari Pulau Jawa

Jokowi mengaku senang sejumlah harga bahan pokok yang ada di Pasar Danga tergolong bagus dibandingkan dengan harga di Pulau Jawa. Dia mengatakan harga cabai di Pasar Danga masih berada di harga Rp50.000 per kilogram.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pasar Danga, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, (5/12/2023). Kunjungan Jokowi ke pasar tersebut untuk mengecek harga kebutuhan pokok yang ada di sana.

Jokowi mengaku senang sejumlah harga bahan pokok yang ada di Pasar Danga tergolong bagus dibandingkan dengan harga di Pulau Jawa. Dia mengatakan harga cabai di Pasar Danga masih berada di harga Rp50.000 per kilogram.

"Saya ke Pasar Danga di Kabupaten Nagekeo ini untuk ngecek itu (harga pangan), tapi saya senang cabai yang di Jawa sekarang harganya 80 (ribu rupiah) sampai 100 (ribu rupiah), di sini hanya Rp50 ribu," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (5/12/2023).

Dia menyebut harga bawang merah yang dijual di pasar tersebut juga tergolong lebih murah yakni dalam kisaran Rp15.000 per kilogram. Jokowi menilai hal tersebut dikarenakan produksi kedua bahan pokok tersebut cukup baik di Kabupaten Nagekeo.

"Bawang merah juga di Jawa Rp24 ribu, Rp26 ribu, di sini Rp15 ribu karena memang produksinya menurut saya baik, bawang merah ada ditanam di sini, cabai rawit juga ditanam di sini, jadi harganya baik," jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi tiba di Pasar Danga sekira pukul 10.00 WITA dan disambut meriah oleh masyarakat yang telah berkumpul di sekitar pasar. Saat memasuki kawasan pasar, terdengar juga alunan ‘Ndoto’ yang merupakan alat musik tradisional Nagekeo mengiringi peninjauan Presiden di pasar tersebut.

Selain mengecek harga kebutuhan pokok, Jokowi juga membagikan sejumlah bantuan dan sembako kepada masyarakat dan pedagang yang ada di sana. Dia pun tampak membeli sejumlah produk yang dijual oleh pedagang di Pasar Danga, salah satunya mangga.

"Ini beli mangga. Mangga ada lima kumpul, saya minta hanya Rp40.000. Tadi Bapak kasih uang Rp200.000," cerita Martina seorang penjual buah dan sayur yang dihampiri Jokowi.

Martina pun berterimakasih kepada Jokowi karena telah membeli buah dagangannya yang merupakan rezeki bagi dirinya.

"Saya terima kasih kepada Bapak Presiden karena ini hari tidak sangka-sangka Bapak Presiden kasih saya rezeki," ucap dia.

Ernasiana, penjual tempe yang dihampiri oleh Jokowi juga turut bercerita bahwa dirinya merasa senang karena Presiden membeli lima buah tempe secara langsung kepadanya.

"Beli lima, satunya lima ribu, kami dapat Rp200.000. Luar biasa pak, senang kita ini," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan Kerja ke NTT, Cek Persediaan Beras di Gudang Bulog hingga Bendungan Mbay

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin 4 Desember 2023.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Jokowi serta rombongan mendarat sekira pukul 16.30 Wita di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kedatangan Jokowi di bawah tangga pesawat disambut oleh Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma, Danlanud El Tari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, dan Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Alun Kurnianto.

Selanjutnya, Presiden Jokowi langsung menaiki kendaraan untuk menuju Gudang Bulog Batu Cermin, Labuan Bajo, guna mengecek persediaan beras serta membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada sejumlah keluarga penerima manfaat.

Kemudian, Presiden Jokowi mengisi waktu sore hari dengan bermain sepak bola bersama warga Desa Batu Cermin di Lapangan Bola Wae Kesambi. Masyarakat pun tampak berkumpul untuk menyaksikan pertandingan sepak bola itu.

Jokowi mengenakan kaus olahraga dengan nomor punggung 22 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan nomor punggung 14. Jokowi bermain bola di tengah gerimis hujan.

3 dari 3 halaman

Berterimakasih pada Warga NTT

Rupanya, kehadiran Presiden Jokowi telah dinantikan masyarakat sejak pagi telah memadati lapangan. Jokowi pun merasa terharu dan berterima kasih kepada masyarakat NTT. Khususnya warga Manggarai Barat, yang dengan setia menunggu kedatangannya hingga pertandingan sepak bola selesai.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat yang setia menunggu meski hujan lebat. Terima kasih," ujar Jokowi, Senin 4 Desember 2023.

Dan pada hari ini, Selasa (5/12/2023), Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan hari keduanya di NTT dengan bertolak menuju Kabupaten Nagekeo.

Setibanya di Kabupaten Nagekeo, Jokowi akan langsung meninjau progres pembangunan Bendungan Mbay. Setelahnya, dia akan mengunjungi pasar untuk mengecek kondisi harga kebutuhan pokok dan membagikan sejumlah bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini