Sukses

Bupati Kukar Bakal Beri Laptop dan Kendaraan Bagi Para Penghulu yang ada di Wilayah Pimpinannya

Edi merasa perlu untuk membekali para penghulu dengan laptop dan kendaraan untuk memudahkan mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di masing-masing kecamatan.

Liputan6.com, Tenggarong Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berencana memberikan apresiasi bagi para penghulu yang bertugas di 20 Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di daerah yang dipimpinnya. Diketahui, Edi akan memberikan laptop dan kendaraan lapangan berupa motor trail bagi para penghulu.

Hal tersebut diungkapkan Edi saat menerima audiensi Pengurus Cabang (PC) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kukar di Pendopo Odah Etam, pada Kamis (24/11). Rombongan pengurus asosiasi penghulu tersebut menghadap Bupati Kukar bersama dengan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kukar, Nasrun dan didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Fairus Khalil.

Edi merasa perlu untuk membekali para penghulu dengan laptop dan kendaraan untuk memudahkan mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di masing-masing kecamatan.

"Saya minta kepada bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mengalokasikan pemberian laptop dan kendaraan lapangan (Motor Trail) bagi 20 KUA yang tersebar di Kukar," ujar Edi.

Selain itu, Edi juga mengapresiasi keberadaan PC APRI di Kukar, ia berharap dengan keberadaan Asosiasi para penghulu ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat di Kukar.

"Saya berharap kepada seluruh penghulu yang bertugas di KUA untuk terus bekerjasama dalam membangun Kukar yang sejahtera, aman, dan tentram," kata Edi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kukar, Nasrun mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar terhadap para penghulu. Pasalnya mereka merupakan garda terdepan Kemenag Kukar dalam melaksanakan tugas.

Nasrun juga mengatakan, pertemuan ini merupakan upaya konkrit yang dilakukan oleh KUA dalam mendukung program Kukar Idaman. Di mana dalam beberapa tupoksi, KUA terkoneksi langsung dengan program Kukar Idaman, seperti bimbingan perkawinan yang terkoneksi dengan layanan stunting.

Kemudian, layanan zakat wakaf yang terkoneksi dengan sertifikasi tanah wakaf dan Kukar Berzakat. Lalu, layanan hisab rukyat dan pembinaan syariah yang terkoneksi dengan sertifikasi arah kiblat masjid dan musholla.

"Ke depannya KUA siap menerima kerjasama dan kemitraan yang lebih konkrit dan terencana dalam mendukung dan mensukseskan program Kukar Idaman," kata Nasrun.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini