Sukses

Sepanjang 2023, Kesra Pemkab Kukar Berhasil Realisasikan Program Dedikasi Kukar Idaman

Semua program tersebut sudah berjalan, salah satunya program dedikasi Kukar Berkah, untuk rehabilitasi rumah ibadah dengan target per tahunnya 50 rumah ibadah kini sudah tercapai 66 rumah ibadah. 



Liputan6.com, Tenggarong Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Dendy Irwan Fahriza mengatakan pihaknya telah menjalankan enam program dedikasi sepanjang 2023. Program-program tersebut bahkan sudah dijalankan sejak tahun lalu, di antaranya Beasiswa Kukar Idaman, Seribu guru sarjana, rehabilitasi rumah ibadah, Kukar Berkah, Satu Desa satu Tahfidz dan Da'i Masuk Desa.



Dendy memastikan, semua program tersebut sudah berjalan, salah satunya program dedikasi Kukar Berkah, untuk rehabilitasi rumah ibadah dengan target per tahunnya 50 rumah ibadah kini sudah tercapai 66 rumah ibadah. 



"Yang dibantu Kukar Berkah itu target di tahun 2022 itu 15 pondok pesantren yang tercapai 16 pondok yang sudah dibantu biaya operasionalnya," ujar Dendy. 



Sementara itu, salah satu pondok pesantren di Kukar penerima manfaat dari program dedikasi Kukar Berkah ini yakni Ponpes Al-Arsyadi. Pimpinan Yayasan Ponpes Al-arsyadi, Abuya K.H Saifuddin Marzuki mengatakan, bantuan tersebut nanti akan sangat bermanfaat bagi santri maupun Tahfidz Quran, dan aktivitas ibadah lainnya. 


"Kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin, dan ini akan sangat bermanfaat bagi banyak orang penghuni pondok pesantren," katanya. 



Lebih lanjut Dendy menjelaskan, pihaknya juga memiliki area perkebunan untuk menopang kebutuhan pondok pesantren. Di kebun tersebut terdapat sejumlah buah-buahan, di antaranya pepaya, melon hingga semangka. Selain itu, pihaknya juga membudidaya berbagai jenis ikan, seperti ikan Nila, Pepuyuh hingga Patin. Tak lupa Dendy mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar yang telah membantu daerahnya melalui program dedikasinya yang nyata sudah dirasakan masyarakat. 


"Kami hanya bisa mendoakan, semoga Allah SWT memberikan kebaikan untuk Bapak Bupati Kukar dan pak Wakil Bupati dan jajarannya, semoga bantuan ini berkah dan menjadi kebaikan untuk kita semua," ujar Dendy. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.