Sukses

Azan Zuhur Iringi Pemakaman Mantan Kepala BNPB Doni Monardo di Peristirahatan Terakhir

Upacara pemakaman Doni Monardo dilaksanaka dengan tata cara militer. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Liputan6.com, Jakarta - Lantunan adzan Zuhur berkumandang, tepat sesaat jasad dari jenazah Mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Almarhum diketahui mengembuskan napas terakhirnya pada kemarin malam, Minggu (3/12/2023).

“Innalillahi wa innailaihi rajiun,” ucap kalimat pembuka sang pembaca doa di lokasi, Senin (4/12/2023).

Pantauan di lokasi, upacara pemakaman dilaksanaka dengan tata cara militer. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sejumlah tembakan peluru hampa ke udara terdengar pada jalannya prosesi pemakaman. Selain itu, tampak hadir juga di lokasi dalam memberikan karangan bunga penghormatan terakhir Wakil Presiden Indonesia ke-6 Jenderal TNI Try Sutrisno.

Selain itu tampak juga hadir di lokasi pemakaman jenderal purnawirawan lain seperti Agum Gumelar, Hendro Priyono, Edy Rahmayadi dan yang lainnya.

Diketahui, sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, jenazah sudah disemayamkan di rumah duka dan diberi penghormatan di Markas Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya menyampaikan dukacita dan belasungkawa sebesar-besarnya atas wafatnya mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (Purn) Doni Monardo. Doni tutup usia di Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi, Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023.

"Iya pertama-tama, saya ingin menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan ucapan berdukacita mengucapkan berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga besar Bapak Jenderal Doni Monardo," kata Jokowi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/12/2023).

Jokowi mendoakan agar almarhum Doni Monardo diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Dia juga mendoakan agar dosa-dosa Doni Monardo diampuni oleh Allah SWT.

"Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya, diampuni segala dosa-dosanya," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doni Monardo Meninggal di RS

Seperti diketahui, mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Semanggi Jakarta, Minggu (3/12/2023). Doni sebelumnya sempat dirawat karena sakit.

"Inna lillahi wa inna illaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah Ketum PPAD Letjen Tni Purn Dr (H.C.) Doni Monardo bin Nasrul saad pada pukul 17.32 WIB di Rumah Sakit Siloam Semanggi karena sakit," kata Perwakilan Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto saat dikonfirmasi, Minggu (3/12/2023).

Dia mengatakan jenazah Doni Monardo akan terlebih dahulu dibawa ke rumah duka di BSD Tangerang Selatan, usai dimandikam di RS Siloam. Selanjutnya, jenazah Doni akan dibawah ke Mako Kopassus Jakarta Timur dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan pada Senin, 4 Desember 2023.

"Malam ini jenazah akan do bawa ke rumah duka di BSD (setelah dimandikan di RS Siloam). Besok pagi jenazah dibawa ke Mako Kopassus selanjutnya dimakamkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata," jelas Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini