Sukses

Top 3 News: Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Itulah top 3 news hari ini.

Penetapan Firli Bahuri tersangka diumumkan oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak setelah melakukan gelar perkara pada Rabu malam 22 November 2023.

Ade Safri menjelaskan, hasil gelar perkara ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka. Dalam kasus ini, Firli Bahuri diduga melakukan pemerasan, penerimaan gratifikasi, penerimaan hadiah, janji atas penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian (Kementan).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjawab kritikan dari calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang menyebut pertumbuhan ekonomi maritim selama 10 tahun terakhir mandek karena pemerintah tak serius.

Jokowi menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi maritim tak hanya berkaitan dengan nelayan saja. Menurut dia, sumber daya alam (SDA) laut Indonesia sangat banyak. Mulai dari, terumbu karang, biota laut, gas dan minyak di dalam laut.

Presiden Jokowi menyampaikan, Indonesia memiliki potensi sumber kekayaan alam laut yang sangat besar apabila dikelola dan dikembangan dengan baik.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Jenderal Agus Subiyanto yang telah resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu 22 November 2023 di Istana Negara Jakarta.

Seperti diketahui, Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023. Usai dilantik sebagai Panglima TNI, ada sejumlah hal yang disampaikan Jenderal Agus Subiyanto.

Salah satunya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bakal mendirikan posko-posko pengaduan di setiap daerah untuk menjamin netralitas prajurit TNI dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 23 November 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penetapan tersangka diumumkan oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak setelah melakukan gelar perkara pada Rabu malam 22 November 2023.

Dia menjelaskan, hasil gelar perkara ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka.

"Berdasarkan fakta-fakta pada penyidikan maka pada hari Rabu tanggal 22 November 2023 sekira puukul 19.00 WIB telah dilaksanakan gelar perkara dengan hasil ditemukan bukti cukup untuk menetapkan saudata FB selaku ketua KPK RI sebagai tersangka," kata Ade saat konferensi pers, Rabu malam 22 November 2023.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Jawab Kritikan Ganjar soal Ekonomi Maritim Mandek Selama 10 Tahun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjawab kritikan dari calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang menyebut pertumbuhan ekonomi maritim selama 10 tahun terakhir mandek karena pemerintah tak serius.

Jokowi menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi maritim tak hanya berkaitan dengan nelayan saja.

Menurut dia, sumber daya alam (SDA) laut Indonesia sangat banyak. Mulai dari, terumbu karang, biota laut, gas dan minyak di dalam laut.

"Ya pembangunan maritim tidak hanya urusan nelayan saja. SDA laut kita ini kan bukan hanya urusan ikan. Urusan terumbu karang, biota laut, urusan gas di dalam apaa laut, minyak di dalam laut," jelas Jokowi usia meresmikan Kampung Nelayan Modern di Biak Numfor, Papua, Kamis 23 November 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Enam Hal yang Disampaikan Jenderal Agus Subiyanto Usai Dilantik Presiden Jokowi Jadi Panglima TNI

Jenderal Agus Subiyanto telah resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu 22 November 2023 di Istana Negara Jakarta.

Seperti diketahui, Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023. Usai dilantik sebagai Panglima TNI, ada sejumlah hal yang disampaikan Jenderal Agus Subiyanto.\

Salah satunya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bakal mendirikan posko-posko pengaduan di setiap daerah untuk menjamin netralitas prajurit TNI dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Dia mengatakan, nantinya masyarakat dapat menyampaikan pengaduan apabila menemukan oknum TNI yang tak netral dalam Pemilu 2024.

"Dua hari yang lalu sudah kick off tentang netralitas dan pembuatan posko pengaduan. Jadi nanti di wilayah-wilayah ada posko pengaduan. Apabila ada oknum TNI yang tidak netral itu bisa dilaporkan ke pos-pos tersebut," ujar Agus Subiyanto usai dilantik sebagai Panglima TNI di Istana Negara Jakarta, Rabu 22 November 2023.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.