Sukses

Ketua DPR: Agus Subiyanto Dilantik Jadi Panglima TNI Besok Rabu 22 November 2023

DPR RI menyetujui Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal Yudo Margono dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024.

Liputan6.com, Jakarta - DPR RI menyetujui Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal Yudo Margono dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024. Agus Subiyanto akan dilantik besok Rabu 22 November 2023.

"Pada hari ini DPR RI sudah memberikan persetujuan atas pemberhentian dan pergantian panglima TNI yang akan datang atas nama Jenderal TNI Agus Subiyanto yang insyaallah akan dilantik pada esok hari. Di mana dan jam berapa silakan tanya kepada Pak Presiden," kata Puan, saat konferensi pers di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Puan berharap, Panglima TNI yang baru dapat menjalankan tugas secara amanah. "Insyaallah kita akan memiliki panglima TNI yang baru untuk bekerja semoga bisa kerja secara baik dan amanah," ucap dia.

Perihal pelantikan oleh Presiden Jokowi pada esok hari juga dibenarkan oleh Agus Subiyanto. Dia menyebut, pelantikan akan dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB.

"Insyaallah besok jam 10.00 WIB, Insyaallah oleh Bapak Presiden," kata Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DPR Resmi Sahkan Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

DPR RI resmi mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal Yudo Margono dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024.

"Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI itu dapat disetujui?," tutur Ketua DPR RI Puan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2023).

"Setuju," jawab peserta disusul ketuk palu Puan.

Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR, pada Senin (13/11/2023). Agus Subiyanto memaparkan visi dan misinya jika terpilih menjadi Panglima TNI.

"Saya memiliki visi TNI yang PRIMA yaitu TNI yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif dalam rangka membangun industri TNI yang memiliki daya tahan dan daya tempur guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman gangguan dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara," kata Agus.

 

3 dari 3 halaman

Puan Maharani Pimpin Rapat Paripurna Pengesahan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

DPR RI menggelar Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024. Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin jalannya sidang dengan salah satu agendanya yakni mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru.

“Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, daftar hadir pada hari ini hadir 125 orang, izin 169 orang, sehingga total kehadiran 294 dan dihadiri oleh anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR RI,” tutur Puan di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023). 

Tampak hadir pula Wakil Ketua DPR RI lainnya yakni Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk Paulus, dan Rachmat Gobel. Dengan presensi kehadiran yang disebut sudah kuorum, maka rapat paripurna pun terbuka untuk umum.

"Dengan demikian kuorum telah tercapai dan mengucap bismillahirrahmanirrahim,  perkenankan kami selaku pimpinan Dewan membuka rapat paripurna DPR RI ke-9 masa sidang ke-II tahun sidang 2023-2024 hari Selasa 21 November 2023 dan kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," kata Puan.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.