Sukses

5 Persiapan Mulai Keamanan hingga Lalu Lintas Jelang Konser Coldplay di GBK Rabu Malam 15 November 2023

Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut band asal Inggris, Coldplay yang akan konser pada hari ini, Rabu (15/11/2013) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut band asal Inggris, Coldplay yang akan konser pada hari ini, Rabu (15/11/2013) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Salah satunya dari sisi keamanan. Aparat kepolisian bakal menerjunkan sebanyak 3.906 personel. Ribuan personel tersebut akan disebar ke beberapa titik sekitar GBK, guna melakukan tugas pengamanan.

"Total ada 3.906 personel gabungan yang dikerahkan untuk pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan.

Mereka akan berjaga sampai Chris Martin dan personel lainnya yang diperkirakan baru tampil sekitar pukul 21.00 WIB. Dengan pembukaan penampilan solois perempuan Indonesia, Rahmania Astrini.

Tak hanya personel kepolisian berjaga, mereka juga memberlakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Stadion GBK. Kebijakan ini guna mengantisipasi kepadatan.

Trunoyudo menerangkan, rekayasa lalu lintas mulai diterapkan pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB saat konser Coldplay.

"Hindari seputaran GBK hindari kepadatan lalulintas ada konser di GBK. Kepada seluruh penonton konser di GBK agar gunakan tranportasi publik, GBK tidak menyiapkan kantong parkir (drop off di pintu- pintu masuk)," kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (15/11/2023).

Selain itu, Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta memperpanjang layanan moda transportasi umum pada hari ini, Rabu (15/11/2023).

Berikut sederet persiapan yang dilakukan jelang konser Coldplay pada hari ini, Rabu (15/11/2013) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sebanyak 3.906 Personel Gabungan Dikerahkan

Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyambut band asal Inggris, Coldplay yang akan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu malam (15/11/2013).

Salah satunya, dari sisi keamanan yang bakal menerjunkan sebanyak 3.906 personel. Ribuan personel tersebut akan disebar ke beberapa titik sekitar GBK, guna melakukan tugas pengamanan.

"Total ada 3.906 personel gabungan yang dikerahkan untuk pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan.

Ribuan aparat pengamanan itu terdiri dari 2.626 personel Polda Metro Jaya, 299 personel Polres, serta 981 personel BKO. Untuk personel BKO itu rinciannya 500 personel TNI AD, 25 personel Pomad, 300 personel Korbrimob, dan 156 personel Pemda.

Mereka akan berjaga sampai Chris Martin dan personel lainnya yang diperkirakan baru tampil sekitar pukul 21.00 WIB. Dengan pembukaan penampilan solois perempuan Indonesia, Rahmania Astrini.

Sehingga demi menjaga kelancaran dan kenyamanan selama konser Coldplay yang diperkirakan akan dipati ribuan orang, polisi mengimbau para pengunjung menjaga ketertiban dan keamanan.

"Penonton konser diimbau menggunakan moda transportasi publik, mengimbau menjaga ketertiban dan keamanan secara umum," ucap Trunoyudo.

 

3 dari 6 halaman

2. Cek Rekayasa Lalu Lintas di Sekitaran GBK

Polisi memberlakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) pada Rabu (15/11/2013). Kebijakan ini guna mengantisipasi kepadatan pada saat konser band asal Inggris Coldplay berlangsung.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, rekayasa lalu lintas mulai diterapkan pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB.

"Hindari seputaran GBK hindari kepadatan lalulintas ada konser di GBK. Kepada seluruh penonton konser di GBK agar gunakan tranportasi publik, GBK tidak menyiapkan kantong parkir (drop off di pintu- pintu masuk)," kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (15/11/2023).

Adapun rekayasa lalu lintas karena adanya konser Coldplay yaitu:

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi , tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan pintu satu Senayan diluruskan ke jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuang Raya.

5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Arus lalu lintas dari arah Menggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

 

4 dari 6 halaman

3. Lokasi Parkir untuk Konser Coldplay

Penonton konser band musik band asal Inggris Coldplay diiimbau menggunakan transportasi umum ke Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (15/11/2023).

Meski demikian, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, panitia konser menyediakan beberapa lokasi parkir di sekitar GBK.

"Panitia menyiapkan lokasi parkir di Hotel Mulia, Hotel Fairmont, TVRI, dan FX (Sudirman)," kata Syafrin ketika dihubungi.

Syafrin mengatakan, tidak ada rekayasa lalu lintas khusus yang dilakukan dalam penyelenggaraan konser Coldplay ini. Namun, akan ada pengaturan lalu lintas oleh petugas di lapangan.

"Kami mengimbau agar penonton yang akan hadir agar menggunakan angkutan menuju Stadion Glora Bung Karno. Waktu layanan angkutan umum massal akan ditambah, yakni Transjakarta akan beroperasi sampai dengan tanggal 16 November 2023 Pukul 01.30 WIB, demikian pula layanan MRT Jakarta akan beroperasi sampai dengan tanggal 16 November 2023 Pukul 01.30 WIB," jelas Syafrin.

 

5 dari 6 halaman

4. Transjakarta Beroperasi Sampai Jam 01.00 WIB

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang layanan moda transportasi umum pada Rabu (15/11/2023) karena adanya konser band asal Inggris, Coldplay.

Pertama, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian untuk tiga layanan. Ketiga layanan itu adalah Kalideres-GBK (3F), Pinang Ranti-GBK (9C), dan Tanjung Priok-Blok M (10H).

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Wibowo mengatakan, tiga rute ini akan melayani masyarakat hingga pukul 01.00 WIB.

"Ketiga layanan ini merupakan rute yang melintas dan terintegrasi dengan layanan menuju GBK lainnya akan diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB dari sebelumnya beroperasi hingga pukul 22.00 WIB," kata Wibowo dalam rilis resminya, Selasa 14 November 2023.

Selain itu, Bowo juga mengingatkan bahwa 13 koridor Transjakarta telah beroperasi selama 24 jam.

Dia berharap, Transjakarta bisa memudahkan pelanggan yang ingin menuju ke lokasi konser Coldplay dan kembali ke kediaman masing-masing.

"Kita berharap, masyarakat yang menonton konser bisa menggunakan layanan transportasi publik, khususnya Transjakarta sehingga lebih fleksibel," ujar Bowo.

 

6 dari 6 halaman

5. MRT Jakarta Juga Perpanjang Layanan

Selain Transjakarta, MRT juga memperpanjang layanan. Khusus hari Rabu ini, MRT akan beroperasi hingga pukul 01.30 WIB.

"Perubahan pola operasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0158 tahun 2023 tentang Penugasan Kepada PT MRT Jakarta untuk Penyediaan Layanan Perkeretaapian Pendukung Pendukung Konser Coldplay," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo.

Ahmad menegaskan, jam operasional ini hanya berlaku untuk satu hari. Pola operasi untuk hari selanjutnya akan kembali menggunakan jadwal operasional normal, yaitu Senin-Minggu mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB.

"PT MRT Jakarta senantiasa mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk menjaga ketertiban dan menaati arahan petugas di stasiun. Informasi detail mengenai jadwal operasional dapat dilihat di akun media sosial MRT Jakarta @mrtjkt dan @mrtjktinfo," ujar Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.