Sukses

Hari Pahlawan, Jokowi-Ma'ruf Amin Tabur Bunga di Makam BJ Habibie, hingga AH Nasution

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan ziarah kubur dan prosesi tabur bunga di makam sejumlah pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan ziarah kubur dan prosesi tabur bunga di makam sejumlah pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023). Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Prosesi tabur bunga ini dilakukan usai Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan di TMP Kalibata. Jokowi dan Ma'ruf Amin melakukan prosesi tabur bunga di lima makam pahlawan.

Salah satunya, makan Presiden ketiga RI B.J Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Habibie yang bersebelahan. Kemudian, makam istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono.

Jokowi dan Ma'ruf Amin juga melakukan tabur bunga di makam Wapres ke-4 RI Umar Wirahadikusuma. Terakhir, makam Jenderal Besar TNI (Purn) Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Jokowi dan Ma'ruf Amin memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara. Keduanya didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agamq Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beri Gelar Pahlawan Nasional ke-6 Tokoh

Usai upacara, Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Pemberian gelar pahlawan ini akan digelar di Istana Negara Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Tokoh

Berikut enam tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional pada 2023:

1. Almarhum Ida Dewi Agung Jambe dari Bali

2. Almarhum Bataha Santiago dari Sulawesi Utara

3. Almarhum M Tabrani dari Jawa Timur

4. Almarhum Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah

5. Almarhum KH Abdul Chalim dari Jawa Barat

6. Almarhum KH Ahmad Hanafiah dari Lampung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.