Sukses

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Prosesi upacara pun dimulai dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kemudian, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Rabu  (10/11/2023). Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki lokasi upacara sekitar pukul 08.1WIB. Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Tak lama, prosesi upacara pun dimulai dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kemudian, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Upacara peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri oleh beberapa pejabat negara. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kemudian  Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah pahlawan. Jokowi dan Ma'ruf Amin juga melakukan proses tabur bunga di beberapa makan Pahlawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Gela Pahlawan untuk 6 Tokoh

Setelah upacara, Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Pemberian gelar pahlawan ini akan digelar di Istana Negara Jakarta.

Berikut empat tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional tahun 2023:

 

1. Almarhum Ida Dewi Agung Jambe dari Bali

2. Almarhum Bataha Santiago dari Sulawesi Utara

3. Almarhum M Tabrani dari Jawa Timur

4. Almarhum Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah

5. Almarhum KH Abdul Chalim dari Jawa Barat

6. Almarhum KH Ahmad Hanafiah dari Lampung

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.