Sukses

Hujan Deras dan Angin Kencang, Gazebo Besar di Kampung Tematik Mulyaharja Bogor Ambruk

Bangunan gazebo besar di Kampung Tematik Mulyaharja, Kota Bogor, ambruk setelah hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah tersebut pada Kamis (9/11/2023) sore kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras dan angin kencang menyebabkan bangunan gazebo berukuran besar di Kampung Tematik Mulyaharja, Kota Bogor, ambruk, Kamis (9/11/2023) sore.

Kapolsek Bogor Selatan Kompol Diana S membenarkan bahwa bangunan yang terbuat dari material kayu di Kampung Tematik Mulyaharja itu ambruk sekitar pukul 17.30 WIB.

"Ya, kejadiannya saat hujan deras dan angin kencang. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka, karena waktu kejadian, obyek wisata itu sudah tutup," ucap Diana.

Selain bangunan gazebo ambruk, kejadian lainnya di wilayah Kecamatan Bogor Selatan yaitu pohon tumbang menimpa satu unit mobil dan pohon tumbang menimpa sebuah rumah.

"Tapi alhamdulilah dari seluruh kejadian tidak ada korban," ujar Diana.

8 Bencana di Kota Bogor

Sementara itu, BPBD Kota Bogor mencatat ada delapan kejadian bencana di wilayah tersebut. Peristiwa terjadi dampak hujan deras dan angin kencang.

Adapun delapan kejadian itu yakni pohon tumbang di wilayah Kampung Ciharashas Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

Pohon tumbang di RT04/01, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan. Tanah Longsor di Cimanggu Lamping, Kelurahan Kedungwaringin, Kecamatan Tanah Sareal.

Pohon tumbang di RT01/11, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat. Kemudian rumah ambruk di RT 04/04, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

Pohon tumbang di RT01/01, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal. Pohon tumbang di Kampung Lembur Sawah Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

Terakhir, seorang balita atas nama Muhammad Malik Malik Tafki Arifin (2,4) tewas terseret arus parit di Gang Sate, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belasan Pohon Tumbang di Kota Bogor

Sebelumnya, Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/10/2023) sore. Pohon tumbang menutup ruas jalan, seperti di Jalan Raya Gunung Batu, Simpang Lampu Merah Cifor, dan Jalan Darul Quran.

Akibat kejadian ini, arus lalu lintas di sekitar lokasi dialihkan ke jalur lain. Kondisi tersebut memicu terjadinya kemacetan panjang.

Hingga pukul 18.30 WIB, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor masih melakukan pembersihan pohon tumbang yang menutupi badan jalan tersebut.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Kota Bogor, tercatat pohon tumbang terjadi di 15 titik lokasi yang tersebar di Kecamatan Tanah Sareal, Kecamatan Bogor Barat dan Kecamatan Bogor Tengah.

"Di Jalan Raya Gunung Batu tepat Yonif 315, pohon tumbang menimpa toko," ujar Kepala BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas.

Selain pohon tumbang, sejumlah wilayah di Kota Bogor juga diterjang angin kencang. Menurutnya dilaporkan sembilan titik wilayah diterpa angin kencang.

Adapun wilayah yang diterjang angin kencang di antaranya Jalan Ledeng Sindang Sari, Kelurahan Kebon Kalapa, Kecamatan Bogor Tengah.

Kemudian di Kampung Bambu Kuning, Kelurahan Loji dan Kelurahan Pasir Mulya, Kecamatan Bogor Barat.

Selanjutnya Taman Cimanggu Blok M, Kelurahan Kedung Waringin dan Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal.

3 dari 4 halaman

Tiang Listrik Nyaris Roboh

Tiang listrik hampir roboh imbas hujan lebat dan angin kencang di Jalan Raya Ciomas-Kreteg, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/10/2023) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Demi keamanan, pihak PLN melakukan pemadaman.

Sementara pengendara masih diperbolehkan melintas, namun harus berhati-hati mengingat tiang listrik rawan roboh.

Anggota Satpol PP Unit Kecamatan Ciomas Regi Fardilah menuturkan peristiwa terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, saat wilayah Ciomas diguyur hujan deras dan angin kencang.

"Hujannya deras, anginnya juga kencang, itu tiang listrik miring banget, kabelnya juga hingga ada yang ke jalan raya," ujar Regi.

Selain mengakibatkan tiang listrik hampir roboh, hujan deras dan angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik.

Tak hanya itu atap dan plafon rumah dan Kantor Kecamatan Ciomas rusak diterpa angin kencang.

"Atap bangunan rusak parah dan rumah warga juga ada yang atapnya berterbangan," kata dia.     

4 dari 4 halaman

Pohon Tumbang Timpa Mobil

Sementara itu, sebuah pohon berukuran besar tumbang dan menimpa satu unit mobil yang tengah melintas di Jalan Raya Tajur, Kota Bogor, Selasa (24/10/2023) sore. Pohon tumbang tersebut menutup seluruh akses jalan ini.

Hujan deras yang terjadi sejak pukul 17.00 WIB di Kota Bogor menyebabkan pohon tersebut tumbang. Akses kendaraan di Jalan Raya Tajur tidak dapat dilintasi sementara waktu.

"Kendaraan enggak bisa melintas dari dua arah, tertutup pohon tumbang," ujar Rusdy warga sekitar.

Diana (42) saksi mata menuturkan detik-detik pohon tumbang. Saat kejadian dirinya hendak melintas menggunakan sepeda motor. Saat itu kondisi hujan deras disertai angin kencang.

"Saya punya feeling enggak bagus, lalu saya menepi di pinggir jalan, karena takut ada apa-apa. 5 detik kemudian pohon tumbang," ucap Diana yang hendap berangkat bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.