Sukses

Jaksa Agung Diterpa Isu Dekat dengan Celine Evangelista, MAKI Wanti-wanti Serangan Balik Koruptor

Jaksa Agung (JA) Sanitiar Burhanuddin diserang isu pribadi. Dia dikabarkan ada kedekatan khusus dengan artis cantik Celine Evangelista dan dipanggil dengan sebutan 'Papa'.

Liputan6.com, Jakarta Jaksa Agung (JA) Sanitiar Burhanuddin diserang isu pribadi. Dia dikabarkan ada kedekatan khusus dengan artis cantik Celine Evangelista dan dipanggil dengan sebutan 'Papa'.

Menanggapi hal itu, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mewanti-wanti adanya serangan balik dari para koruptor, khususnya di tahun politik ini.

"Ini ironis, di tengah gencarnya Jaksa Agung melakukan penindakan korupsi, ada juga agenda tersembunyi dari para koruptor untuk serang balik kepada aparat penegak hukum di tengah kondisi tahun politik yang penuh dengan berita intrik dan hoaks," kata Boyamin dalam keterangan tertulis diterima, Selasa (7/11/2023).

Boyamin mencatat, Kejaksaan Agung di bawah kepemimpinan ST Burhanuddin memperlihatkan kinerja yang tak pandang bulu. Siapa pun jika diyakini melakukan korupsi dengan pembuktian yang nyata maka akan diadili.

"Gebrakan Kejaksaan Agung tangani kasus korupsi patut diacungi jempol dalam beberapa tahun terakhir," kata Boyamin.

"Kasus terbaru, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus menetapkan Anggota BPK Achsanul Qosasi tersangka korupsi hasil pengembangan perkara korupsi BTS di kominfo. Lalu tuntutan Jhony G Plate, Galumbang Menak dan Ahmad Anang Latief dengan tuntutan pidana penjara yang berat," ujar Boyamin.

MAKI berharap, capaian Jaksa Agung yang konsisten meneruskan perjuangan memberantas korupsi tidak kendor dengan isu miring. Sebab korupsi adalah kejahatan yang menyengsarakan rakyat dan wajib ditindak tegas.

"Saya berharap saatnya seluruh elemen bangsa untuk bersatu memberantas korupsi dan memberantas Markus (Makelar Kasus). MAKI yakin saat ini persepsi publik percaya kepada kinerja Jaksa Agung Burhanudin dalam penegakan hukum dan memimpin korps adhyaksa," kata Boyamin.

Selaku praktisi hukum, Boyamin berjanji akan turut berjuang untuk ikut meluruskan dan memilah mana informasi yang benar dan mana yang salah terkait informasi-informasi yang berkembang di masyarakat.

Dia juga terus mendorong penyelesaian perkara tindak pidana korupsi secara transparan, dan berharap para koruptor untuk berhenti melakukan manuver yang merugikan upaya penegakan hukum yang sedang dilakukan.

"MAKI akan untuk terus kritis melalui jalur praperadilan dalam rangka mendukung Jaksa Agung dalam pemberantasan korupsi secara tegas dan tidak tebang pilih," Boyamin memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Tersebar Kedekatan Celine Evangelista dengan Jaksa Agung

Sebelumnya, artis dan model Celine Evangelista jadi sorotan usai namanya disebut memiliki kedekatan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Bahkan mencuat panggilan 'Papa' untuk Burhanuddin dari Celine Evangelista.

Kabar itu pertama kali disampaikan terdakwa perkara menghalangi penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pertambangan ore nikel di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Antam di Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, yakni Amalia Sabara (AS) alias Amel dalam persidangan.

Dalam persidangan pada Rabu, 25 Oktober 2023, Amel mengaku bersama dengan Jeklin selaku istri tersangka Andi Ardiansyah menyerahkan uang Rp5 miliar kepada pengacara Krisna Mukti. Selain itu, uang Rp3 miliar yang dimintanya kepada Jeklin dimaksudkan salah satunya untuk membelikan hadiah ulang tahun Jaksa Agung.

Dari jumlah tersebut, Amel pun memberikan uang Rp500 juta kepada Celine atas inisiatifnya sendiri, lantaran mengetahui artis tersebut memiliki kedekatan dengan lingkungan Jaksa Agung, sekaligus memintanya membantu menyampaikan kasus yang menjerat tersangka Andi Ardiansyah.

Menurut Amel, Celine sempat ragu untuk menyampaikan kasus tersangka Andi Ardiansyah kepada Jaksa Agung. Namun akhirnya, Celine menyatakan akan memberitahukan urusan itu ke ST Burhanuddin yang dipanggilnya dengan sapaan 'Papa'.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Celine Evangelista soal Hubungannya dengan Jaksa Agung

Celine sendiri sudah memberikan penjelasan soal terpaan isu miring dirinya bersama Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Melalui akun Instagram pribadinya, Celine mengungkap hubungannya dengan ST Burhanuddin adalah hubungan kekeluargaan.

Celine mengaku tidak hanya dekat dengan Sanitiar Burhanuddin, namun juga dengan istri yang dipanggilnya 'indung' dan juga anak-anak dari Sanitiar Burhanuddin. Hal itu diungkap Celine Evangelista melalui foto-foto kegiatan bersama keduanya.

"Ini keluargaa akuuuhh dan emang seromantiisss ituu aku sm indung, ayah 'papa', video di slide terakhir chuakz sih ada bunga & keke (anak" kandung papa & mama) ada org pinter masih aja kemakan pengalihan issue hari gini," tulis Celine.

4 dari 4 halaman

Klarifikasi Kejagung soal Hubungan Celine Evangelista dengan Jaksa Agung

Pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) RI pun meluruskan kabar kedekatan Celine dengan Burhanuddin yang dimaksud artian kekeluargaan. Karena, Celine pun dekat dengan Srunning Burhanuddin, istri Jaksa Agung.

"Bahwa benar artis Celine Evangelista memiliki kedekatan secara kekeluargaan dengan keluarga istri dari Jaksa Agung yakni Sruningwati Burhanuddin dan anak perempuannya," kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangannya, Jumat (3/11/2023).

Bahkan, Sruningwati Burhanuddin juga kerap beberapa kali mengajak maupun mengundang Celine untuk mengisi acara keluarga di rumah dinas Jaksa Agung sebagai MC. Termasuk, acara PERSAJA Charity Concert yang dihadiri oleh Jaksa Agung;

"Oleh karenanya, Ibu Sruningwati Burhanuddin telah menganggap Celine Evangelista sebagai anak karena memiliki hubungan dekat dengan anak perempuannya," ujar Ketut.

Bisa Ganggu Fokus Kejaksaan Berantas Korupsi

Ketut pun berharap dengan adanya penjelasan ini, bisa menjelaskan terkait isu kedekatan Celine. Agar pemberitaan yang tidak sesuai fakta sebenarnya, tak merugikan Kejaksaan secara institusional.

"Hal ini dapat mengganggu Kejaksaan yang sedang masif dalam melakukan pemberantasan korupsi dengan jumlah triliunan. Demikian klarifikasi sekaligus jawaban pemberitaan yang selama ini berkembang," ucap Ketut.

"Karena cenderung menyudutkan dan merugikan Jaksa Agung secara pribadi dan keluarga. Selain itu saudara Celine Evangelista juga turut dirugikan secara personal dan keluarga," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.