Sukses

Infografis Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Padahal, Agus Subiyanto belum 1 pekan menjabat KSAD.

Liputan6.com, Jakarta - Jenderal Agus Subiyanto diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Panglima TNI. Padahal, Agus Subiyanto baru saja dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat atau KSAD pada Rabu 25 Oktober 2023.

Ketua DPR Puan Maharani pun mengonfirmasi Presiden Jokowi telah mengusulkan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai kandidat Panglima TNI. Agus Subiyanto akan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

"Pimpinan DPR sudah menerima surpres (surat presiden) dari Presiden (Jokowi) terkait dengan usulan pengganti calon Panglima TNI," ujar Puan Maharani di Jakarta, Selasa 31 Oktober 2023.

Menurut Puan, presiden memang harus mengusulkan calon pengganti Panglima TNI kepada DPR. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia atau UU TNI.

Adapun Presiden Jokowi mengatakan, KSAD Jenderal Agus Subiyanto telah memenuhi syarat untuk menjadi Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. Menurut Jokowi, Agus telah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi.

"Iya, sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu (Agus menjadi calon Panglima TNI). Pertama, Beliau kan Wakasad, kemudian menjadi KSAD," ujar Jokowi, Rabu 1 November 2023.

Surpres dari Jokowi terkait usulan Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI sudah masuk di DPR. Selanjutnya, menurut Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan akan digelar sebelum 21 November 2023.

Bagaimana profil dan rekam jejak Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

3 dari 3 halaman

Infografis Profil dan Rekam Jejak Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini