Sukses

PDIP: De Facto, Gibran Bukan Lagi Kader PDIP Usai Jadi Cawapres Prabowo

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan (PDIP), Komarudin Watubun menegaskan bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bukan lagi anggota PDIP, usai menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan (PDIP), Komarudin Watubun menegaskan bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bukan lagi anggota PDIP, usai menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Menurut dia, Gibran telah melanggar aturan partai yang menegaskan bahwa kader PDIP dilarang melakukan manuver.

Komarudin menuturkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga telah berkali-kali melarang kadernya ada di dua kaki.

"Secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi Cawapres dari KIM (Koalisi Indonesia Maju)," jelas Komarudin dikutip dari siaran persnya, Kamis (26/10/2023).

Dia menyebut hal biasa dalam organisasi partai apabila ada anggota yang keluar, pindah, berhenti, dan beralih ke partai politik lain.

Komarudin mengatakan keluarnya Gibran dari PDIP tak memberikan dampak negatif.

"Bahwa saat ini Gibran tidak tegak lurus dengan instruksi Partai, maka dia otomatis tidak lagi di PDI Perjuangan. Tapi ingat, keluar satu kader, ada banyak kader-kader partai baru yang potensial bergabung dengan Partai dan TPN Ganjar-Mahfud," katanya.

Dia menjelaskan bahwa Megawati telah meminta semua kader PDIP untuk tak bermanuver dam tutun ke bawah untuk memenangkan Pemilu 2024, baik Pemilu Presiden dengan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden maupun Pemilu Legislatif.

Hal itu disampaikan Megawati sejak Ganjar dideklarasikan sebagai capres pada April 2023 lalu.

Kemudian, Gibran dengan calon presiden Prabowo Subianto melakukan pertemuan pada 19 Mei 2023 di Solo.

PDIP menduga pertemuan tersebut bukan sebatas antara Wali Kota Solo dan Menteri Pertahanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PDIP Sempat Panggil

Atas hal itu, DPP PDIP melakukan klarifikasi dengan mengundang Gibran ke Jakarta pada 22 Mei 2023.

"Saat itu, sebagai kader yang yunior, kami tidak menjatuhkan sanksi. Kami berikan nasihat untuk patuh pada aturan Partai. Saat itu Gibran menyampaikan terima kasih atas nasihatnya dan sebagai kader muda berjanji akan tetap tegak lurus sesuai arahan ibu Ketua Umum," tegas Komarudin.

Dia menyebut sikap PDIP terhadap status Gibran juga membuat penasaran para kader-kader PDIP di seluruh tanah air. Komarudin menuturkan bahwa dengan kejadian tersebut, masyarakat dapat menilai karakter calon pemimpin bangsa Indonesia ke depan.

"Kalau mau dibandingkan sesama calon wapres, siapa yang meragukan Prof. Mahfud MD dengan latar belakang pendidikan, integritas, pengalaman, dan karakter-nya. Jadi tenang dan optimis saja. Terus kerja dan turun ke bawah," pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Belum Sampaikan Mundur

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan, Wali Kota Solo yang juga bakal calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka belum menyampaikan pengunduran diri sebagai kader PDIP.

"Enggak ada pengunduran diri dan kami juga melihat bahwa hanya kata selamat yang bisa saya sampaikan," kata dia di Gedung High End, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Puan pun sempat mengucapkan kepada Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka yang sudah mendaftarkan diri ke KPU.

"Selamat kepada Capres Mas Prabowo dan Cawapres Mas Gibran yang sudah mendaftarkan hari ini ke KPU," jelas Ketua DPR RI ini.

Puan mengungkapkan, Gibran sudah mendatangi dirinya untuk pamit menjadi cawapres Prabowo. Namun dalam pertemuan Gibran tidak menyampaikan surat mundur atau mengembalikan KTA PDIP.

"Benar sudah ketemu ngobrol banyak hal. Kita bicarakan dan ya sudah enggak ada masalah. Mas Gibran pamit dan ingin menjadi cawapres dari Mas Prabowo," ungkap dia.

"Enggak ada, enggak ada mengembalikan KTA. Hanya pamit untuk menjadi cawapres Pak Prabowo," kata Puan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini