Sukses

Didampingi Prabowo dan Khofifah, Jokowi Resmikan 2 RS TNI di Surabaya

Presiden Jokowi meresmikan dua RS TNI di Surabaya dengan didampingi Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua rumah sakit (RS) TNI di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023). Kedua RS TNI yang diresmikan Jokowi itu telah siap digunakan oleh masyarakat.

Keduanya yakni Rumah Sakit Tk III Brawijaya dan Rumah Sakit Angkatan Laut Tk II dr Soekantyo Jahja. Pada peresmian ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku tuan rumah.

“Alhamdulillah hari ini akan kita resmikan dua rumah sakit TNI yaitu Rumah Sakit Tk.III Brawijaya dan Rumah Sakit Angkatan Laut Tk.II dr. Soekantyo Jahja yang sudah siap untuk dimanfaatkan,” ucap Presiden dalam sambutannya di RS Tk III Brawijaya, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (22/10/2023).

Jokowi menuturkan, kapasitas tempat tidur serta sejumlah fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Tk III Brawijaya telah ditingkatkan agar kemampuan pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit tersebut turut meningkat.

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan dua rumah sakit (RS) TNI di Surabaya. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

“Kapasitas bed-nya bertambah, peralatan juga lebih modern, fasilitas pelayanan juga lebih lengkap, dan dengan berbagai penambahan fasilitas tersebut, kemampuan Rumah Sakit Tk.III Brawijaya telah ditingkatkan,” ujar Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, dengan penambahan dan peningkatan fasilitas tersebut juga diharapkan dapat meningkatakan pelayanan kesehatan hingga memperluas akses pelayanan kesehatan tidak hanya untuk prajurit TNI, tetapi juga untuk masyarakat umum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layani Kesehatan Prajurit dan Masyarakat Umum

“Penambahan fasilitas kesehatan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada prajurit dan juga masyarakat umum, memberikan akses pelayanan kesehatan makin luas dan makin terbuka terhadap para prajurit TNI dan seluruh masyarakat kita,” imbuh kepala negara.

Oleh karena itu, Presiden berpesan agar rumah sakit dengan fasilitas yang cukup bagus tersebut dapat dimanfaatkan untuk melayani para prajurit TNI dan seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman,” kata Jokowi menandasi.

Selain Prabowo dan Khofifah, turut hadir juga mendampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

3 dari 4 halaman

Respons Jokowi Soal Gibran Diusulkan Jadi Cawapres Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan respons Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat dia meminang putra sulungnya yakni Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

Mulanya, dia bercerita sebagai seorang warga negara Indonesia yang memiliki adat budaya tentunya akan menyampaikan usulan para partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk meminang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada Presiden Jokowi.

"Ya tentunya sebagai orang Indonesia yang adat budaya kita tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita," kata Prabowo di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Dia mengungkapkan, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran. Jika, Gibran bersedia menjadi bakal cawapres Prabowo maka tidak akan menahan.

"Dan beliau bilang terserah Pak Wali, kan sudah dewasa. Kalau Pak Wali bersedia ya beliau (Presiden Jokowi) pasti tidak menahan, kira-kira begitu," ungkap Prabowo.

Saat ditanya, apakah pinangan tersebut mendapat respons baik dari Gibran, Menteri Pertahanan itu tak menjawab secara detail.

Dia pun berseloroh seharusnya para awak media dapat memberikan kesimpulan bagaimana respons Gibran atas pinangannya.

"Ya masa Anda enggak bisa memberi kesimpulan, oke ya," tutur Prabowo sambil tertawa.

4 dari 4 halaman

Prabowo Deklarasi Cawapres Senin Besok

Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya akan mendeklarasikan sosok bakal cawapres yang akan mendampingi dirinya di Pilpres 2024.Dia menyebut, deklarasi itu akan dilakukan di Jakarta sekaligus Partai Gerindra akan melakukan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

"Insyaallah besok deklarasi. Di Jakarta Ibu kota Indonesia," kata Prabowo, saat diwawancarai di Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Nama Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka pun menguat sebagai bacawapres Prabowo Subianto.

Saat ditanya apakah sudah ada kepastian terkait nama Gibran sebagai bacawapres, Prabowo pun tak menampik.

Namun, dia menyebut keputusan itu akan diputuskan dalam rapat para ketua umum partai politik yang tergabung dalam KIM pada sore ini.

"Iya, anda akan melihat perkembangan partai partai koalisi banyak sudah mencalonkan dan mengusung beliau dan ya nanti sore rapat ketua umum koalisi Indonesia maju. Rapatnya nanti sore," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini