Sukses

Laga Timnas Indonesia vs Brunei di GBK, 1.252 Personel Gabungan Disiagakan

Trunoyudo merinci, 1.252 personel meliputi dari unsur TNI, Polri maupun pengamanan pemerintah daerah seperti Satpol PP, Dishub dan Pemadam Kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023), pukul 19.00 WIB. Ribuan  personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya pertandingan.

"Total pelibatan personel sebanyak 1.252 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Kamis (12/10/2023).

Trunoyudo merinci, 1.252 personel meliputi dari unsur TNI, Polri maupun pengamanan pemerintah daerah seperti Satpol PP, Dishub dan Pemadam Kebakaran.

"Sebanyak 953 personel Polda Metro Jaya, 177 personel Polres Metro Jakarta Pusat, 30 personel TNI dan 77 personel dari Pemda," ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro menambahkan, pengamanan terbagi menjadi 3 zona. Adapun, mereka ditugaskan menjaga di sisi luar stadion GBK.

"Khusus area dalam oleh panitia," ujar dia.

Dia mengatakan, pihak kepolisian juga telah menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan. Namun, sejauh ini situasi arus lalu lintas terpantau normal

"Sementara normal," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelatih Brunei Akui Ketangguhan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Brunei Darussalam Mario Rivera mengakui Timnas Indonesia bakal menjadi lawan sulit bagi anak-anak asuhnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kedua negara memang bakal saling sikut dalam dua leg pertandingan kualifikasi, dengan yang pertama digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023), sementara yang kedua diagendakan berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada Selasa (17/10/2023) mendatang. 

Duel Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam Timnas Indonesia di atas kertas cukup dijagokan untuk menaklukkan Brunei Darussalam dalam perhelatan kali ini. Pasalnya, selain unggul dari segi ranking FIFA, Skuad Garuda juga mengantongi rekor pertemuan lebih kuat dibanding pasukan dari negeri petro dollar.

Adapun Timnas Indonesia tercatat telah mengoleksi 7 kemenangan dari total 11 pertemuan dengan Brunei Darussalam di panggung internasional. Sebanyak 2 laga lain berakhir imbang, sementara 2 sisanya berujung kekalahan.

Mario Rivera yang sudah pernah merasakn kekalahan pahit 0-7 dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu pun tak menampik pasukan Merah Putih lebih unggul dibanding anak-anak asuhnya. 

Kendati begitu, dia mengeklaim Brunei Darussalam bakal tetap berupaya tampil kompetitif dan menyuguhkan permainan terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kami tahu bahwa pertandingan (melawan Indonesi) akan berat buat kami, tetapi pertandingan akan dimulai dengan 0-0, bola itu bundar. Walaupun ranking Indonesia dan Brunei jauh beda, kami akan mencoba untuk memberikan yang terbaik dan tampil kompetitif," ujar Rivera jelang menantang pasukan Garuda di SUGBK.

3 dari 4 halaman

Situasi yang Berbeda

Lebih lanjut, Rivera meyakini Timnas Brunei Darussalam juga bakal tampil berbeda dibanding sejak kalah 0-7 dari Indonesia akhir tahun lalu. 

Pasukan negeri petro dollar diklaim lebih siap dan memiliki susunan permain yang tak sama seperti kali terakhir berjumpa dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

"Saya pikir pertandingan besok (Kamis ini) akan sangat berbeda dibanding yang sebelumnya karena akan ada banyak pemain yang berbeda," ujar Rivera dalam konferensi pers pra pertandingan pada Rabu (11/10/2023). 

"Saat itu, para pemain kami berada dalam kondisi yang kurang baik, (sedangkan sekarang) kami punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri. Kami akan tampil lebih kompetitif," tandasnya. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas

Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Hari: Kamis, 12 Oktober 2023

Waktu: 19.00 WIB

Siaran langsung TV: RCTI

Live streaming: Vision+ (https://www.visionplus.id/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.