Sukses

2 Pekan Operasi Zebra di Depok, Angka Kecelakaan Menurun

Satlantas Polres Metro Depok menilai terjadinya penurunan angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Zebra Jaya 2023 digelar karena masyarakat diingatkan akan pentingnya kelengkapan bermotor untuk keselamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok telah menggelar Operasi Zebra Jaya 2023. Selama operasi tersebut, 1.184 pengendara diberikan teguran dan terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas. 

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Multazam Lisendra mengatakan, selama 14 hari atau sejak 18 September hingga 30 September, ribuan pelanggar lalu lintas diberikan tindakan. Operasi Zebra Jaya 2023 di Kota Depok diutamakan mengedepankan tindakan preventif.  

"Kami sinkronkan sebanyak 1.184 teguran diberikan kepada pengguna kendaraan, hal ini untuk menciptakan Kamtibcar Lantas di Depok,” ujar Multazam, Senin (2/10/2023).

Seiring teguran yang diberikan kepada ribuan pelanggar, angka kecelakaan lalu lintas pun menurun. Berdasarkan data sejak 1 September hingga 17 September 2023, Satlantas Polres Metro Depok mencatat ada 32 laporan polisi yang diterima. 

"32 laporan yang kami terima terdiri dari 10 orang korban luka, 27 orang luka ringan dengan kerugian materi mencapai Rp33.600.000," ucap Multazam.

Sementara, pada 18 September hingga 30 September 2023, Satlantas Polres Metro Depok mendapat laporan, angka kecelakaan mencapai 20 laporan dan telah dilakukan penanganan.

 "20 laporan meliputi 21 orang luka ringan dan 4 orang luka berat, serta kerugian materi mencapai Rp6,3 juta," ungkap Multazam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satlantas Polres Metro Depok Sosialisasi Police Go To School

Satlantas Polres Metro Depok menilai terjadinya penurunan angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Zebra Jaya 2023 digelar karena masyarakat diingatkan akan pentingnya kelengkapan bermotor untuk keselamatan para pengendara dalam perjalanan. 

"Ini membuktikan bahwa persentase lakalantas menurun sampai dengan 60 persen," jelas Multazam. 

Selain menurunkan anggota untuk memberikan peneguran terhadap pengendara, Satlantas Polres Metro Depok melakukan upaya preventif kepada masyarakat. Upaya tersebut untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. 

"Kami turut memberikan edukasi melalui pamflet hingga tayangan tentang tertib lalu lintas melalui Videotron," jelas Multazam.

Satlantas Polres Metro Depok juga mendatangi sejumlah sekolah di Kota Depok sebagai bentuk sosialisasi dari program Police Go To School. Tujuannya mengingatkan kepada siswa belum yang cukup umur untuk tidak mengendarai sepeda motor di jalan raya. 

"Police Go To School sebagai bentuk edukasi berkendara yang baik kepada pelajar maupun guru di sekolah," pungkas Multazam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini