Sukses

Kemendagri Gelar Rakor dan BUMD Awards, Ini Daftar Penerima Penghargaan!

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, tujuan utama BUMD Awards adalah memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar BUMD Awards 2023 dan Rapat Koordinasi Seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan tata kelola yang kompetitif antar-Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Bertajuk "Peran BUMD dalam Peningkatan Pelayanan Publik, Penanganan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi”, acara yang dihadiri Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro ini berlangsung di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Dalam laporannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, tujuan utama BUMD Awards adalah memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD seluruh Indonesia.

"BUMD seluruh Indonesia saat ini ada 1.056. Oleh karena itu agar bisa memetakan, bisa mengetahui kinerja dari BUMD, dan juga dalam rangka pembinaan dilakukan penilaian terhadap kinerja BUMD," katanya.

Fatoni memaparkan setidaknya ada lima tujuan dari penilaian BUMD ini.

Pertama, dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola dan kinerja BUMD. Kedua, meningkatkan kinerja dan tata kelola serta menciptakan iklim kompetitif antar-BUMD.

Ketiga, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (Pemda) dalam pengelolaan dan pengembangan usaha BUMD. Keempat, meningkatkan sinergi antar-BUMD, asosiasi BUMD, dan Pemda. Kelima, mendorong Pemda dan BUMD untuk berinovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

"Penilaian yang digunakan dalam BUMD Awards Tahun 2023 ini yang pertama kemanfaatan bagi masyarakat, yang kedua kinerja, yang ketiga tata kelola, keempat pelayanan publik yang diberikan, kemudian inovasi dan sinergitas," ungkapnya.

Fatoni menambahkan, BUMD Awards ini melibatkan tim penilai yang diketuai oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir. Anggota tim tersebut meliputi Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Direktur jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Deputi Bidang kelembagaan dan Tatalaksana KemenPAN-RB, serta Deputi Bidang Akuntansi Negara BPKP.

Anggota lainnya yakni Kepala BPSDM, Direktur Eksekutif Kemitraan, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN, Direktur Utama PT Tempo, serta Direktur Utama dan Pemimpin Redaksi PT CNN Indonesia.

"Tahapan dan proses sudah dilaksanakan sejak awal tahun, mulai dari penilaian di tingkat provinsi, kemudian juga masukan dan saran dari asosiasi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemenang BUMD Awards Tahun 2023

Berikut daftar nama sekaligus kategori pemenang BUMD Awards Tahun 2023:

BUMD Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik

  • Kategori Besar: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (Bank BJB); PT Bank Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (Bank DKI); dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) 
  • Kategori Sedang : PT Bank Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta (Bank DIY)
  • Kategori Kecil : PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (Bank NTB Syariah); PT Bank Pembangunan Daerah Lampung (Bank Lampung); dan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (Bank Sultra)

BUMD Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Terbaik

  • Kategori Besar :  PT BPR Delta Artha; PT BPR Bank Sleman; dan PT BPR Jawa Timur 
  • Kategori Sedang : PT BPRS Sukowati Sragen : PT BPRS BKK Kendal; dan PT BPRS Bank Daerah Gianyar 
  • Kategori Kecil : PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Jam Gadang; PT BPR Bank Pekalongan; dan PT BPR BKK Kota Tegal

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Terbaik

  • Kategori Besar : Perudam Tirta Kerta Raharja Tangerang; Perudam Air Minum Jaya DKI Jakarta; dan PT Air Minum Giri Menang.
  • Kategori Sedang : Perudam Air Minum Tirta Hita Buleleng; PT Tirta Asasta Depok, dan Perudam Air Minum Mangkutama Bandung. 
  • Kategori Kecil : PT Tirta Amadit Kabupaten Hulu Sungai Selatan; Perumda Air Minum Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan; dan Perumda Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo

BUMD Penjaminan Kredit (Jamkrida) Terbaik : PT Jamkrida Bali Mandala; PT Jamkrida Jakarta; dan PT Jamkrida Sumbar

BUMD Aneka Migas Terbaik : PT Migas Utama Jabar

BUMD Aneka Usaha Pangan Terbaik : PT Food Stasion Tjipinang Raya

BUMD Aneka Usaha Pasar Terbaik : Perum Pasar Jaya

BUMD Aneka Pariwisata Terbaik : PT Pembangunan Jaya Ancol

BUMD Aneka Usaha Keuangan Mikro Terbaik : PT LKM Rangkas Bitung 

BUMD Aneka Usaha Rumah Potong Terbaik : Perumda Dharma Jaya

BUMD Aneka Usaha Transportasi Terbaik : PT Transportasi Jakarta 

BUMD Aneka Usaha Pelabuhan Terbaik : PT Pelabuhan Cilegon Mandiri

BUMD Aneka Pembangunan Terbaik : PT Jasa Sarana

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.