Sukses

Jokowi: Pemimpin Selanjutnya Tentukan Masa Depan Indonesia, Jadi Negara Maju atau Berkembang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kepemimpinan nasional selanjutnya sangat menentukan apakah Indonesia bisa menjadi negara maju atau terjebak pada negara berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kepemimpinan nasional selanjutnya sangat menentukan apakah Indonesia bisa menjadi negara maju atau terjebak pada negara berkembang. Khususnya di tiga periode pada tahun 2024, 2029, dan 2034.

"Soal ini saya ulang ini penting, 2024, 2029, 2034, itu sangat menentukan negara kita bisa melompat ke negara maju atau kita terjebak pada middle income trap, terjebak pada negara berkembang," kata Jokowi di rakernas Seknas Jokowi di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Jokowi mencontohkan di Amerika Latin banyak negara sudah jadi negara berkembang sejak tahun 1950-1970an, namun hingga kini masih tetap menjadi negara berkembang. Dia tak ingin hal serupa terjadi kepada Indonesia.

"Tak bisa keluar dari jebakan, kita gak mau itu, dan kesempatan itu hanya ada di tiga periode kepemimpinan nasional kita," ujarnya.

"Itulah yang sulit, bapak ibu, yang ngomong bukan saya, yang ngomong pakar-pakar baik dari IMF, World Bank, OECD, McKinsey, Bappenas coba hitung ulang," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Punya Bonus Demografi

Menurutnya, Indonesia punya bonus demografi dan kesempatan hilirisasi yang mesti dilakukan. Maka dari itu, kepemimpinan nasional selanjutnya sangat menentukan untuk membawa Indonesia jadi negara maju.

"Itu yang sulit, saya tidak berpikiran, tidak, saya berpikiran negara ini harus jadi negara maju, negara makmur. Tapi memang kepemimpinan itu sangat menentukan," pungkasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.