Sukses

Jokowi Blusukan ke Pasar Pekalongan Bareng Prabowo-Ganjar, Temukan Harga Beras Naik

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut memberikan bantuan sosial kepada para pedagang yang ada di Pasar Grogolan Baru Pekalongan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana meninjau pasokan dan harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Grogolan Baru, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023). Jokowi menyebut harga sejumlah komoditas pangan di pasar tersebut cukup baik.

"Ya biasa ke setiap kota, ke setiap kabupaten, ke setiap provinsi saya cek selalu pasar mengenai harga-harga. Saya lihat di sini baik," kata Jokowi Presiden dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (29/8/2023).

Kendati begitu, dia melihat masih ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga. Salah satunya adalah beras yang berdasarkan peninjauannya mengalami kenaikan harga di pasar tersebut.

"Yang sedikit naik beras, yang lain-lain saya kira banyak yang turun. Bawang merah turun, daging ayam (turun) juga, telur (turun) juga. Saya kira baik, beras saja yang sedikit naik," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut memberikan bantuan sosial kepada para pedagang yang ada di Pasar Grogolan Baru Pekalongan. Tidak hanya itu, Jokowi dan Iriana juga tampak membeli sejumlah dagangan yang dijajakan para pedagang di Pasar Grogolan Baru.

"Banyak tadi, tanya Bu Jokowi banyak itu tentengannya banyak banget," ucap Jokowi.

Dalam kunjungan ke pasar ini, Jokowi juga didampingi Menteri Pertahananan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid.

Dalam video yang diunggah Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana di akun Instagramnya, Prabowo dan Ganjar terlihat akrab. Dua bakal calon presiden (bacapres) 2024 itu bahkan saling merangkul, menjabat tangan dan melempar senyum sumringah saat para warga meneriaki namanya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi yang berada di samping keduanya juga tersenyum sumringah. Jokowi menunjuk dan Prabowo dan Ganjar serta mengancungkan jempolnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Prabowo Rangkul Pundak Ganjar

Ari Dwipayana menjelaskan bahwa momen tersebut terjadi di Pasar Grogolan Pekalongan. Saat itu, kata dia, Ganjar dan Prabowo merespon teriakan masyarakat yang meminta bersamalan serta berfoto.

"Pak Prabowo merangkul pundak Pak Ganjar dan mereka berdua salam komando," ujar Ari kepada wartawan, Selasa (29/8/2023).

Dia pun membenarkan Jokowi menunjuk dan mengacungkan jempol kepada Prabowo dan Ganjar. Jokowi juga tertawa melihat interaksi keduanya.

"Melihat itu (Prabowo dan Ganjar), Pak Jokowi menoleh kearah mereka berdua dan selanjutnya menunjuk-nunjuk ke arah Pak Ganjar dan Pak Prabowo bergantian sambil memberi tanda jempol dan lalu tertawa," jelasnya.

Ari membantah bahwa interaksi tersebut bagian dari gimmick politik. Dia menyebut bahwa Presiden Jokowi memang kerap blusukan ke pasar apabila melakukan kunjungan ke daerah.

Hanya saja, kebetulan kali ini Jokowi mengajak Prabowo dan Ganjar. Sebab, ketiganya baru saja menghadiri pembukaan Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan serta makan siang bersama.

"Kan Pak Presiden Jokowi saat ke kunker ke daerah selalu cek ketersediaan bahan-bahan pokok dan stabilitas harga," tutur dia.

"Pas kunker (kunjungan kerja) di Pekalongan, beliau didampingi oleh Pak Ganjar dan Pak Prabowo usai makan siang bersama di rumah makan Teras Bali Pekalongan," sambung Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.