Sukses

Jokowi Akan Jadi Pembicara di KTT BRICS Afrika Selatan

Jokowi akan berbicara di forum KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan dalam kapasitasnya sebagai Presiden Indonesia dan Ketua ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (24/8/2023). Jokowi akan menjadi pembicara di pertemuan kelompok negara-negara berkembang yang terdiri atas Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS).

"Iya, Bapak Presiden akan menjadi pembicara dalam KTT BRICS," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Kamis (24/8/2023).

Menurut dia, Jokowi akan berbicara dalam kapasitasnya sebagai Presiden Indonesia dan Ketua ASEAN.

"Bapak Presiden berbicara sebagai Presiden Republik Indonesia dan juga dalam kapasitas sebagai Ketua ASEAN," tutur Bey.

Sebelumnya, Kelompok negara-negara berkembang BRICS yang terdiri atas Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan akan mengadakan KTT ke-15 blok tersebut di Johannesburg, Afrika Selatan pada 22--24 Agustus.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden China Xi Jinping, Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva dan Perdana Menteri India Narendra Modi diperkirakan hadir pada KTT tersebut.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan hadir secara langsung pada KTT tersebut karena surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas dugaan kejahatan perang di Ukraina.

Putin akan berpartisipasi secara virtual, dan kehadirannya di Johannesburg akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lanjutkan Kunjungan ke Afrika Selatan

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Republik Afrika Selatan, Rabu (23/8/2023).

Usai melakukan kunjungan ke Republik Mozambik, Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Johannesburg, Republik Afrika Selatan sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Di bawah tangga pesawat, Jokowi disambut langsung oleh Menteri Kehutanan, Perikanan, dan Lingkungan Afrika Selatan Barbara Creecy, Manajer Senior Departemen Hubungan Internasional dan Kerjasama (DIRCO) Afrika Selatan Sindiswa Mququ, serta Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan beserta istri.

Di bandara tersebut, Jokowi juga turut disambut dengan Tari Zulu yang merupakan tarian penyambutan dari Afrika Selatan.

Dari Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Johannesburg.

Di hotel tersebut, Presiden Jokowi disambut oleh Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono serta sejumlah masyarakat Indonesia di Afrika Selatan.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Maputo, Mozambik sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Johannesburg yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.