Sukses

DKI Pamer 21 Proyek Investasi di Jakarta Investment Forum 2023, Nilainya Capai Rp300 Triliun

Pemprov DKI Jakarta menawarkan 21 proyek investasi dengan total nilai anggaran mencapai Rp300 triliun. Apa saja 21 proyek yang ditawarkan? Berikut daftarnya!

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menawarkan total 21 proyek investasi lewat Jakarta Investment Forum (JIF) 2023. Menurut Head of Jakarta Investment Centre (JIC) Tona Hutauruk, nilai anggaran proyek yang ditawarkan mencapai Rp300 triliun. 

"Cuma memang ada yang statusnya udah feasibility studies beneran, ada yang memang masih market sounding, sehingga belum ada hitungan yang pastinya, tapi kira-kira lah yang di 21 proyek ini sekitar di angka Rp 300 triliun," kata Tona di Hotel St. Regis Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Tona menyampaikan, keberadaan JIC di Jakarta Investment Forum merupakan insentif yang diberikan oleh pemprov DKI Jakarta untuk membantu memfasilitasi semua proses bisnis dengan para investor. 

"Kita coba deh 'yuk yang mana nih investor dari negara anda yang mana kira-kira tertarik dengan proyek kita sesuai dengan sektor yang diminati, gitu'. Jadi kita coba jemput bola," kata Tona.

Tona menjelaskan, pada forum ini digelar diskusi plenary, diskusi tematik, dan workshop. Tidak hanya itu, pada gelaran JIF tahun ini, juga ada sesi Workshop Sustainability Reporting for Companies terkait penyusunan dokumen Sustainability Report bagi para pengusaha di Jakarta.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menyatakan, perekonomian Jakarta menunjukkan kinerja positif pasca-Pandemi Covid-19. 

"Ekonomi Jakarta pada triwulan ke satu 2023 tumbuh 4,95 persen year by year pertumbuhan positif terutama didorong oleh peningkatan investasi kinerja konsumsi rumah tangga yang tinggi hingga masih kuatnya kinerja ekspor," kata Joko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Pasca-Pandemi

Menurut dia, pada sektor transportasi dan pergudangan, tercatat kinerja tertinggi tumbuh sebesar 17,43 persen. Joko menerangkan, hal ini karena tingginya mobilitas masyarakat, hingga berdampak pada meningkatnya aktivitas transportasi di Jakarta. 

Selain itu, kata Joko menurunnya harga komoditas energi dan terjaganya permintaan domestik turut mendukung pertumbuhan ekonomi Jakarta. Joko menyebut, pada triwulan I 2023 ekonomi Jakarta tumbuh 4,95 persen year by year. 

"Saya berharap dengan adanya pelaksanaan Jakarta Investment Forum 2023 dapat memperkuat kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan transformasi Jakarta menjadi kota ekonomi dan bisnis skala global," ucap dia.

 

3 dari 3 halaman

21 Proyek di Jakarta yang Ditawarkan

Adapun Proyek-proyek yang ditawarkan pada JIF 2023 antara lain sebagai berikut:

  1. Fatmawati Extended Concourse
  2. Bundaran HI Extended Concourse
  3. Dukuh Atas Pedestrian Deck
  4. Fatmawati Mixed Use
  5. Blok M Mixed Use
  6. LOT A Ancol Residential Development
  7. LOT B Ancol Mixed Use Development
  8. New Marina Ancol
  9. Putri Duyung Resort
  10. East Ancol Mixed Use Development
  11. West Ancol Mixed Use Development
  12. Ancol Hotel
  13. Ecopark Mixed Use Development
  14. Depo LRT Development
  15. LRT Jakarta Phase 2A-2B
  16. BRT Transjakarta Shelter
  17. JIEP Lot 4 Project
  18. Pedestrian Shelter Redevelopment
  19. Medical & Biomedical Waste Facilities
  20. Regional Waste Processing Facilities
  21. Green Shelter Electricity

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini