Sukses

Dukungan PAN kepada UMKM Berhasil Geliatkan Ekonomi Kerakyatan

PAN Disebut banyak memberi bantuan untuk mengembangkan usaha mikro. Hal tersebut membuat ekonomi masyarakat akar rumput semakin kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai berhasil mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi maju. Berkat dorongan PAN tersebut membuat ekonomi menjadi bergeliat.

Koordinator UMKM dan Paguyuban Emak-emak Jakarta Timur, Asih Suwarni mengatakan PAN banyak memberi bantuan untuk mengembangkan usaha mikro. Hal tersebut membuat ekonomi masyarakat akar rumput semakin kuat.

"PAN banyak membantu UMKM. Banyak program dari PAN berhasil membantu kami," kata Koordinator UMKM dan Paguyuban Emak-emak Jakarta Timur, Asih Suwarni, Sabtu (29/7/2023).

Program yang dimaksud oleh Asih adalah sinergi empat pilar yang diinisiasi oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan. Program sinergi empat pilar tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan potensi UMKM.

Pilar pertama yaitu mendorong UMKM terbuka terhadap perubahan. Hal tersebut berujuan agar UMKM terus berinovasi dan punya kemauan berkembang.

Pilar kedua sinergi lokapasar (marketplace) dengan UMKM. Hal ini bertujuan agar UMKM diberi kemudahan untuk dapat menjajakan produknya melalui lokapasar

Pilar ketiga, sinergi kemitraan ritel modern dengan UMKM. Program ini bertujuan agar produk UMKM bisa dipasarkan di ritel modern sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Pilar keempat, yakni membantu akses lembaga pembiayaan atau perbankan dengan UMKM. dengan begitu, pelaku UMKM dapar lebih mudah melakukan ekspansi bisnis agar semakin besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung PAN untuk Pemilu 2024

Melihat itu semua, dia mendukung PAN dengan sepenuh hati untuk Pemilu 2024 mendatang. Dengan begitu, PAN akan semakin leluasa memperjuangkan aspirasi dari kelompok UMKM.

"Sebagai warga yang peduli masa depan bangsa, kita harus turun aktif terlibat secara nyata dalam proses pemilihan politik dengan memberikan dukungan sepenuhnya dan bertekad memenangkan PAN pada Pemilu 2024," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.