Sukses

KNPI Sebut Hoegeng Awards Momentum Baik Bagi Generasi Muda di Kepolisian

Komite Nasional Pemuda Indonesia mengapresiasi penyelenggaraan Hoegeng Awards di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023). Hal tersebut disampaikan Koordinator Bidang DPP KNPI, Rasminto.

Liputan6.com, Jakarta Komite Nasional Pemuda Indonesia mengapresiasi penyelenggaraan Hoegeng Awards di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023). Hal tersebut disampaikan Koordinator Bidang DPP KNPI, Rasminto.

"Penyelenggaraan Hoegeng Awards patut kita apresiasi, karena dapat menjadi refleksi bagi seluruh anggota Polri agar dapat meneladani semangat Jenderal Hoegeng atas sifat dan sikapnya sebagai anggota Polri yang jujur dan profesional," kata dia dalam keterangannya.

Bagi Rasminto yang merupakan alumnus doktoral pendidikan kependudukan dan lingkungan Universitas Negeri Jakarta bahwa keteladanan Jenderal Hoegeng Iman Santoso sudah sangat langka di jaman saat ini.

"Penting sekali keteladanan Jenderal Hoegeng sebagai inspirasi dan motivasi kepada seluruh anggota Polri, sehingga memiliki sikap melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat dengan sepenuh hati dan dapat bekerja dengan kesederhanaan dalam setiap menjalankan tugas sebagai abdi negara," kata dia.

Rasminto menyatakan keteladanan Jenderal Hoegeng mencerminkan prinsip-prinsip moral dan etika yang menjadi dasar bagi seorang pemimpin dan pelayan masyarakat yang baik.

"Beliau (Jenderal Hoegeng) merupakan inspirasi bagi generasi penerus dalam bidang kepolisian, karena menunjukkan bahwa seorang pemimpin dapat mengabdi dengan integritas, keberanian, dan kepemimpinan yang baik", jelas dia,

Menurut Rasminto, banyak sekali ciri keteladanan dari sosok Jenderal Hoegeng yang dapat ditiru bagi generasi muda terutama bidang profesi kepolisian.

"Pertama, Jenderal Hoegeng adalah contoh yang baik dalam hal integritas dan kepemimpinan yang baik. Dia tidak pernah terlibat dalam praktik korupsi atau penyalahgunaan kekuasaan. Hoegeng selalu berkomitmen untuk melaksanakan tugasnya dengan jujur, adil, dan bertanggung jawab," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelajari Keberanian Hoegeng

Menurut Rasminto salah satu sifat terpuji dari Jenderal Hoegeng adalah keberaniannya.

"Beliau tidak takut mengambil keputusan sulit dan berani menghadapi tantangan dalam melaksanakan tugasnya sebagai polisi. Keberanian Hoegeng ditunjukkan dalam beberapa kasus yang sulit dan berbahaya, di mana dia tidak ragu untuk mengambil tindakan yang diperlukan demi kepentingan masyarakat dan negara," jelas dia.

Rasminto pun menuturkan tentang sosok Jenderal Hoegeng yang merupakan seorang pemimpin yang peduli terhadap kesejahteraan rakyat.

"Beliau sering turun langsung ke lapangan untuk mendengarkan keluhan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Hoegeng juga dikenal karena kesetiaannya dalam memberantas kejahatan dan melindungi hak asasi manusia" ungkapnya.

Bagi Rasminto, yang juga aktif sebagai pengurus harian Majelis Nasional KAHMI menilai sosok Jenderal Hoegeng adalah sosok yang sangat profesional dalam melaksanakan tugasnya.

"Jenderal Hoegeng memiliki pengetahuan yang luas tentang hukum dan aturan yang berlaku, dan selalu berusaha untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan standar yang tinggi. Hoegeng juga dikenal karena kemampuannya dalam mengelola sumber daya dan personel polisi dengan efisien," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini