Sukses

Rayakan Idul Adha, Ma’ruf Amin: Ramaikan dengan Takbir dan Berkurban

Ma’ruf juga mengajak masyarakat untuk dapat merayakan Idul Adha dengan penuh kesederhanaan dan rasa syukur atas nikmat dari Tuhan, serta tidak lupa untuk membantu sesama.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Menyusul ibadah tersebut, dia pun menyerahkan hewan kurban miliknya dan titipan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, berupa sapi limousin kepada Plt. Ketua Harian Masjid Istiqlal Asep Saepudin.

Ma’ruf pun mengajak masyarakat yang berkecukupan untuk menyemarakkan Idul Adha dengan memberikan bantuan melalui penyembelihan hewan kurban, untuk warga kurang mampu.

"Semangat solidaritas membantu masyarakat juga sesuai dengan perintah agama, maka saya mengajak semuanya untuk mari kita meramaikan bukan hanya saja dengan takbir, tetapi juga dengan menyembelih kurban," tutur Ma’ruf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Ma’ruf juga mengajak masyarakat untuk dapat merayakan Idul Adha dengan penuh kesederhanaan dan rasa syukur atas nikmat dari Tuhan, serta tidak lupa untuk membantu sesama.

“Mari kita rayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama,” kata Ma’ruf.

Saat Sholat Id, Wapres mengenakan pakaian bernuansa putih dan sorban senada, lengkap dengan dengan jas hitam. Peci hitamnya pun serasi dengan sarung kuning dan abu-abunya.

Sholat Id di Masjid Istiqlal sendiri dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. Tampak hadir sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, serta sejumlah Duta Besar Negara Sahabat.

Bertindak sebagai imam yaitu ustad Moh. Salim Ghazali dan Muadzin oleh ustad Ilham Mahmuddin. Adapun khotib diamanahkan kepada Abdul Muqsith Ghazali dengan tema ‘Spirit Idul Adha Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan dan Kedermawanan’.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Ribu Jemaah Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Ratusan ribu warga Jakarta dan sekitarnya memadati Masjid Istiqlal, Jakarta untuk Sholat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 pada Kamis, (29/6/2023) pagi. 

Dikutip dari Antara, jemaah mulai berdatangan pada pukul 05.00 WIB. Metal detector disiapkan untuk pengamanan saat jemaah masuk ke masjid.

Sholat Idul Adha sendiri dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan Imam Masjid Istiqlal H. M. Salim Ghazali dan Khatib dari Katib Am Syuriyah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Abdul Moqsith Ghazali. Kapasitas Masjid Istiqlal sendiri hingga 200 ribu sampai 250 ribu orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.