Sukses

Soal Jamaah Haji RI Terlantar di Muzdalifah, Timwas Haji DPR Desak Pemerintah Segera Evakuasi

Timwas Haji DPR mendapat informasi jamaah kloter 25 asal Kalimantan Barat masih telantar hingga pukul 12.20 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta Panitia penyelenggara haji setidaknya mengupayakan makanan dan minuman jika memang proses evakuasi akan berjalan lama. Demikian ditegaskan anggota Timwas Haji DPR Syarief Abdullah yang menerima foto dan video dari jamaah-jamaah RI yang terlantar di Muzdalifah. 

"Informasi yang masuk ke saya banyak yang pingsan. Ini berita dukacita dari Indonesia. Saya berharap betul ini ditangani," ujarnya kepada Parlementaria di Arab Saudi, Rabu (28/6).

Dia mendapat informasi jamaah kloter 25 asal Kalimantan Barat masih telantar hingga pukul 12.20 waktu setempat. 

"Kabar barusan belum tertangani ya. Bahkan kata mereka masih banyak juga kloter-kloter yang lain. Ini berita dukacita dari Indonesia, karena kata mereka yang mengalami itu hanya jamaah Indonesia," ujar Syarief yang berkoordinasi dengan salah satu dosen Universitas Tanjungpura yang menjadi jamaah.

Anggota Timwas Haji DPR lainnya, John Kenedy Azis sudah menelepon Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU). Dirjen PHU, kata John, memang mengakui situasi di Muzdalifah agak berat.

"Saat ini mereka sedang mengupayakan evakuasi, namun memang katanya antrean busnya masih panjang. Mereka juga menyuplai air dan buah-buahan untuk jamaah sembari evakuasi," ujar John menyampaikan keterangan Dirjen PHU lewat telepon.

Diketahui, Timwas Haji DPR menerima laporan berupa informasi, foto, dan video jamaah-jamaah haji RI yang terlantar di Muzdalifah. Anggota Timwas Haji Abdul Wachid pun meminta pemerintah selaku penyelenggara haji segera mengevakuasi para jamaah.

"Itu ngeri kondisinya, mereka butuh air dan makanan. Itu bahkan saya terima info mereka minum dari sisa botol orang lain," kata anggota Timwas Haji DPR Abdul Wachid kepada wartawan di Makkah, Rabu siang waktu Arab Saudi (28/6).

Menurutnya, jamaah  seharusnya mulai dipindahkan dari Muzdalifah ke Mina sejak dini hari tadi. Namun, hingga siang tadi ada masalah dalam penjemputan jamaah dari Indonesia dikarenakan bus yang seharusnya menjemput jamaah mengalami kemacetan yang luar biasa.

Abdul Wachid menyampaikan hal ini pasca dirinya menerima laporan jamaah dari Kabupaten Demak dan Pemalang. Mereka melaporkan hingga pukul 09.40 waktu setempat (Arab Saudi), belum juga terangkut ke pemondokan di Mina. Kondisi jamaah juga dilaporkan memprihatinkan.

"Kondisinya memprihatinkan, belum sarapan pagi tidak ada air, para jamaah minum air mineral sisa dan kondisi lansia, kasihan. Sudah ada yang pingsan kurang air. Dropping bus sangat kurang," kata Anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Wachid mengatakan seharusnya jamaah mulai dipindahkan ke Mina sejak dini hari tadi. Hingga berita ini diturunkan, Wachid masih berkoordinasi dengan panitia haji agar segera mengevakuasi jamaah terlantar. “Itu ngeri kondisinya, mereka minum air sisa dari orang lain," tuturnya

Anggota Timwas Haji DPR Hasbi Jayabaya juga mendapat informasi kloter 56, 57, 59, 61, 62, dan 66 masih terlantar hingga siang ini. Dia sudah menghubungi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama agar bisa segera mengevakuasi jamaah.

"Alhamdulillah sudah direspons Dirjen PHU dan langsung ditangani, ternyata bukan hanya kloter tersebut di atas tapi juga kloter-kloter lain," kataHasbi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini