Sukses

Ma'ruf Amin Ajak Umat Islam Rayakan Idul Adha dengan Kesederhanaan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan keteladanan Nabi Ibrahim AS dalam Idul Adha mengandung pesan mulia tentang kepatuhannya kepada Allat SWT dan keikhlasannya untuk berkurban.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan keteladanan Nabi Ibrahim AS dalam Idul Adha mengandung pesan mulia tentang kepatuhannya kepada Allat SWT dan keikhlasannya untuk berkurban.

"Sepatutnya menginspirasi kita untuk menjadi Muslim yang utuh mengamalkan perintah Allah sepenuh hati demi kebaikan diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara," ujar Ma'ruf melalui video, Selasa (28/6/2023).

Ia pun mengajak umat Islam merayakan Idul Adha 1444 Hijriah dengan kesederhanaan dan penuh rasa syukur.

"Saya ucapkan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah. Mari kita rayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama," kata

Ma'ruf menuturkan, Idul Adha mengajarkan tentang pentingnya menjunjung kemanusiaan dengan cara berbagi kebahagiaan.

"Nilai-nilai mulia dari Idul Adha terus relevan melintasi zaman dan patut untuk terus kita semaikan dalam kehidupan kita sehari-hari," ucapnya.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut Idul Adha adalah momen penuh makna di mana umah Islam di seluruh dunia mengenang dan meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim atas kesetiaannya kepada Allah.

Pada momen Idul Adha ini Puan menekankan pentingnya menjalankan nilai-nilai sosial dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Salah satunya ialah dengan memberikan hewan kurban sebagai perwujudan rasa syukur dan meningkatkan iman dan takwa.

"Keikhlasan dalam berkurban merupakan wujud rasa syukur dalam meningkatkan taqwa kita kepada sang pencipta," ujar Puan seperti dikutip dari Antara, Rabu, (28/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan Maharani Sebut Idul Adha Momentum untuk Meningkatkan Solidaritas dan Semangat Gotong Royong

 

Selain itu, kata Puan, melalui semangat Idul Adha, tingkatkan gotong royong, rasa solidaritas dan keadilan, serta memperkuat kerukunan antarumat beragama.

Puan menambahkan bahwa dalam momen berkurban muslim akan berkumpul untuk saling berbagi, saling membantu bagi yang memerlukan, dan menyumbangkan daging kurban kepada mereka yang kurang beruntung.

"Dengan status endemi, masyarakat dapat melanjutkan tradisi ini dengan penuh semangat dan kepedulian, namun tetap menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan," ucapnya.

Puan juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memperkuat semangat keadilan. Keadilan adalah landasan utama bagi kemajuan bangsa, tambahnya, sehingga tanpa keadilan, maka kesejahteraan masyarakat akan sulit tercapai.

"Pada Idul Adha ini, mari kita perkuat semangat keadilan di negara ini. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk melawan segala bentuk ketidakadilan. Mari kita bahu-membahu membangun Indonesia yang adil bagi semua rakyatnya," katanya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

Video Terkini